My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Arti Users, Sessions, dan Pageviews

Users, Session, dan Pageview adalah metrics super duper basic di jualan online, khususnya kalau pakai Google Analytics. Kalau anda belum pakai Google Analytics, saran saya segera pakai.. Atau lebih parah lagi kalau anda belum punya website, langsung sekarang juga buat website!

baca: 
kita mulai definisi dulu ya...

contoh user, session, dan pageview di Google Analytics
contoh user, session, dan pageview di Google Analytics



Apa itu User di Google Analytics?

ini adalah jumlah orang yang mengunjungi web kita. Orang yang berbeda. Ini beneran orang loh, kalau orang tersebut akses di HP dan di PC-nya dia, selama pakai akun Google yang sama, keitung 1 orang. Google taunya dari mana? ya itulah canggihnya, kita ga perlu tau caranya Google gmn jg gpp, tinggal pake, percaya aja..

Apa itu Session di Google Analytics?

Session itu jumlah orang tersebut mengakses web kita. 1 user bisa beberapa kali session.. Misalkan 1 user akses web kita pagi hari, lalu dia close browsernya, lalu akses lagi sore hari, maka hari itu si orang tersebut memberikan 2 Sessions ke web kita.

Apa itu Pageview di Google Analytics?

Kalau ini yang paling umum. Jauh sebelum ada metrics User dan Session, metrics Pageview sudah populer. Pageview adalah jumlah halaman atau page yang dilihat dari tiap session. Maka tiap session bisa terdiri dari lebih dari 1 pageview... Dan PASTI pageview itu lebih besar sama dengan Session.

Apa pentingnya 3 metrics di atas?

Makin banyak user yang akses web kita, artinya makin baik. makin banyak kemungkinan orang beli produk kita..
Makin banyak session di web kita, belum tentu baik, karena bisa saja orang orang yang sama cuma "jalan jalan" doang di web kita dan tidak membeli produk.
Makin banyak pageview juga sama dengan session, belum tentu baik, karena bisa saja cuma liat liat doang.

yang paling umum dipakai adalah menghubungkan session dengan jumlah penjualan. Dimana hubungan kedua metrics ini dinamakan Conversion Rate. Artinya jumlah penjualan dibagi dengan jumlah session. Jika conversion rate = 1%, maka dari 100 session ada 1 perbelanjaan. dan ini ga harus dari 100 user..

Lalu kalau kita bagi user terhadap session, semakin kecil nilai ini artinya semakin banyak user yang "retention" ke web kita. Alias semakin banyak orang yang nge-fans ke web kita, karena ngecek terus2an. Ini pertanda baik untuk meningkatkan repeat order, tapi perlu dicek juga berapa conversion rate terhadap session..
Jika jumlah user/session kecil, dan conversion rate kecil, artinya orang cuma jalan jalan doang ke web kita..

Mudah2an semakin terbayang. Sekali lagi ini metrics paling dasar dan basic di jualan online. Silakan interpretasi sendiri...

0 Response to "Arti Users, Sessions, dan Pageviews"

Posting Komentar