My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Manajemen Waktu Untuk Karyawan


Manajemen waktu yang baik itu penting bukan hanya untuk karyawan loh ya. Tapi di postingan ini saya hanya bahas dari sudut pandang karyawan atau pegawai.

Jangan "curi curi" Waktu

Kudu disiplin.. curi curi waktu itu, contohnya seperti ini:
  • datang terlambat, apapun alasannya
  • pulang lebih awal, apapun alasannya
  • pulang terlambat, apapun alasannya
  • mengerjakan pekerjaan di rumah, apapun alasannya
  • lembur tak berbayar
Anda dan perusahaan anda bekerja sudah punya kontrak jam kerja kan? patuhi itu!

Jika ada pekerjaan yang "mengharuskan" untuk dilakukan di luar jam kerja, apalagi sampai lembur ga dibayar. tolak mentah2.. 

Sekalinya anda mengerjakan pekerjaan di luar jam kerja, ini akan terus berulang-ulang dan terus menerus. Mending kalau dibayar lembur, kalau tidak?

Anda kan punya keluarga, anda punya sisi hidup yang lain....

nah....

Daripada mengerjakan pekerjaan yang belum selesai, lebih baik fokus meng-evaluasi kenapa hal ini terjadi.

Secara umum, pekerjaan yang dikerjakan di luar jam kerja adalah karena PERENCANAAN YANG BURUK atau KEJADIAN DI LUAR DUGAAN.

kenapa hal itu bisa terjadi?

Kalau  ternyata masalahnya ada di atasan anda, karena "semena-mena" ngasih tugas di luar jam kerja. TOLAK ini mentah2! takut boss marah? ya gpp.. percaya sama saya, paitnya cuma sekali kok.. Kedepannya boss anda akan mengerti, dan mikir 2x...

Tapi kalau boss anda terus menerus juga menuntut pekerjaan di luar jam kerja, ini tandanya dia bukan leader yang baik, saatnya pindah kerja. ini sangat sangat mahfum terjadi, karyawan resign itu bukan meninggalkan perusahaan, tapi meninggalkan bad-leader.

Kalau ternyata masalahnya karena pihak external, misal pemerintah, client, vendor dan lain sebagainya... ini tinjau dulu tingkat fatality nya.. Kalau tidak dikerjakan apakah perusahaan akan runtuh? apakah ini kesempatan sekali seumur hidup? jika iya.. terpaksa anda kerjakan..

Jika tidak? tolak mentah2.. ini juga sama, sekalinya anda menolak, pihak eksternal tersebut kedepannya akan mikir 2x untuk melakukan hal yang sama..

Nah yang repot, kalau ternyata masalahnya ada di diri anda.. Tugas yang diberikan, malah molor, salah ngerjain, tidak progressif dan lain sebagainya.. Untungnya anda baca artikel ini, berarti maju ke tips selanjutnya...

Ingat tujuan JANGAN CURI CURI waktu ini adalah supaya anda bisa muter otak supaya bisa kerja lebih efektif, membuat sistem kerja yang efisien, dan yang utama untuk menjaga keharmonisan kehidupan keluarga anda.


Planning! Punya rencana kerja..

Anda harus punya rencana dalam hal apapun.. Di sini saya akan bahas hanya rencana kerja harian ya..

Setiap pagi, sebelum mulai kerja, sebelum buka laptop, sebelum ketemu orang, sebelum buka email dan lain sebagainya.. Keluarkan secarik kertas, mulai nulis! tulis apa saja yang ada di otak anda, tulis apa saja yang akan anda kerjakan, bahkan tulis juga apa yang akan anda kerjakan besok!

ini butuh pembiasaan memang. Kalau anda belum terbiasa melakukan ini, mungkin anda akan kebingungan mau nulis apa, atau mau nulis apa dulu.. saran saya, tulis dalam bentuk MINDMAP, tulis apapun yang ada dalam otak anda.. ingat APAPUN! masalah pribadi kek, kerjaan kek, masalah keluarga kek, APAPUN! itu kertas milik anda tidak ada larangan anda mau nulis apapun di situ. Saran saya gunakan kertas kosong putih bersih, jangan yang bergaris...

Setelah berhasil nulis isi otak anda, mulailah peta-kan pikiran2 anda tersebut. SANGAT BOLEH untuk mengambil kertas baru, saya pribadi waktu awal2 bisa 4-5 kertas, sampai rapi, dan "do-able"

singkat cerita, anda akan mendapatkan poin-poin yang harus anda kerjakan hari ini, yang harus anda kerjakan besok, yang harus anda kerjakan nanti, yang harus anda pikirkan, dst dst...

Di aktivitas2 yang sudah dipilah tersebut, tuliskan estimasi waktu pengerjaannya.

Jangan anggap remeh tips ini, sering saya menemukan orang "malas" nulis pakai pulpen dan berkata "udah ada di otak kok".. please cobain, dan rasakan manfaatnya...

Dahulukan yang kurang 2 menit

Kerjakan dari yang mudah, ini tips waktu saya SPMB dulu. dan it really works!

ini tips super duper bagus, yang saya dapetin dari buku Getting Things Done, semua aktivitas yang diperkirakan selesai dalam 2 menit, langsung kerjakan, ga pake nawar...

apa aja contohnya pekerjaan itu?
  • konfirmasi OK di email / WA --> jangan ditunda
  • beresin meja kerja
  • ngasihin dokumen yang sudah ready
  • tandatangan
  • ke toilet
Saya gatau angka 2 menit dari mana. tapi kalau anda bingung menentukan mana yang 2 menit mana yang tidak, bayangkan kalau makanan jatuh "belum 5 menit".. gunakan "feeling" yang sama untuk kerjaan yang harus segera dilakukan


Transparansi dan berani nolak

Yang paling sering ngebikin kerjaan ga selesai selesai, bahkan nunggak sampai di luar jam kerja adalah jika ada request dari rekan kerja. Baik atasan, teman, atau bawahan..

Jangan ragu untuk nolak jika anda rasa permintaan tersebut tidak relevan dengan kerjaan anda, atau tidak terlalu penting buat saat itu.

Jika ini datangnya dari atasan, kasih transparansi anda sedang mengerjakan apa.

Misalkan di hari itu anda akan mengerjakan A B C D E, tapi tiba tiba boss nyuruh ngerjain Z! anda bilang aja ke si boss dengan kata kata kurang lebih seperti ini...

"Pak Boss, Z bisa saja dikerjakan, tapi saya berencana mengerjakan ABCDE hari ini, apakah mendahulukan dulu Z atau ABCDE?"

dengan demikian "bola" akan ada pada atasan anda. Doi akan menentukan mana prioritas untuk dikerjakan lebih dulu. Enak kan?

--

Sebenernya masih banyak tips lain untuk manajemen waktu. Tapi saya rasa 4 tips di atas adalah yang paling basic. Coba praktekkan, dan lambat laun anda akan menemukan manajemen waktu yang pas dan cocok buat sistem kerja anda.

selamat praktek.

0 Response to "Tips Manajemen Waktu Untuk Karyawan"

Posting Komentar