My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Facebook Ads bukan segalanya!

Berulang ulang teman saya, atau anonymous nanya saya.. Gimana cara main FB Ads? gmn naikin penjualan FB Ads?

artikel ini dibuat supaya kalau ada yang nanya lagi, tinggal saya kirim aja link artikel ini. hehe..

Pertama.. Saya berani bilang saya JAGO FB-Ads, saya udah ngulik2 FB-Ads 10 taun lebih! dan perlu anda tau, bahwa interface FB-ads itu berubah cepat sekali, mungkin 3 bulan sekali. jadi perlu pemahaman dasar yang kuat untuk menggunakan fitur fitur FB-ads..

Saya berani mengklaim saya JAGO, tapi saya ga berani mengklaim bahwa dengan FB ads bisnis saya akan berkembang! Dengan jago FB-ads, belum tentu bisnis anda profit... Ibarat kata sejago jagonya Ronaldo, se-magic-magic-nya Messi, atau se keren-keren-nya Mo Salah, belum tentu bikin timnya juara.

nangkep ya sampai ini?

kedua.... Nyambung ke yang pertama. FB Ads itu bukan segalanya. Faktor untuk membuat bisnis anda maju itu banyak sekali. Aspek financial, aspek operation, aspek legal, aspek produk, daaaannnnn masih banyak lagi...

FB ads itu hanya sebatas supaya kita bisa menjangkau lebih banyak orang.. Ilustrasinya gini, jika anda biasa posting di Instagram, dan 100 orang ngeliat.. Dengan FB ads angka 100 orang itu bisa dijadikan 1000, 10rb, atau bahkan 1jt.

Pertanyaannya, ada budgetnya ga? bisa bikin kontennya menarik ga?

Konten yang jelek juga bisa aja sih di-iklanin ke 1jt orang, tapi jadinya MAHAL! ada budgetnya? ngomongin soal budget, berapa margin profit produk anda? hayoh... panjaaaaaaannnnnggggg kalau dirunut...

ketiga....
Product market fit dulu! baru berpikir main paid ads (FB Ads, Google Ads, Shopee Ads). Baca: https://www.garoblogz.com/2020/02/tahapan-memulai-bisnis-online.html

Kalau produk atau jasa anda sudah disukai pasar, baru deh berpikir untuk memperluas jangkauan.. alias pakai iklan.

Ibarat kata gini, kalau temen anda aja ga mau pakai jasa / produk anda, bagaimana dengan orang lain? sedangkan menjangkau orang lain (iklan) kan butuh biaya..

Makannya saya sering sekali menyarankan untuk yang baru mulai bisnis. Jualan dulu ke inner circle.. Teman, kerabat, keluarga, teman kampus, kolega kantor dan lain sebagainya.. baru deh berpikir ngiklan.

Contoh kasus nyata, saya ada teman yang bikin produk sangat bagus sekali... Keren banget lah pokoknya... Tapi harganya mahal banget! saya aja ga mau beli, meski dengan niat "nolong".. karena emang mahal...

Saya aja yang punya niat "nolong" ga mau beli, apalagi orang lain (pasar) yang ga akan ada niatan "nolong" anda..

Nah timbul pertanyaan lagi. Pricing itu penting banget... nah panjang lagi kalau bahas soal pricing doang.

ke-empat...
mau ngulik?
Salah satu syarat dasar mau belajar FB-ads adalah mau ngulik!
yang nanya ke saya, dan datang ke saya, rata rata mereka belum ngulik! Belum nyobain main FB-ads... padahal materi tentang FB-ads bejibun banyaknya di Youtube, Blog, dan lain sebagainya.

Nyanbung ke poin no 1. bahwa FB-ads itu berubah terus.. kalau anda ga mau ngulik, ga mau usaha sendiri, ga mau belajar sendiri, buang deh mimpi mau jago FB Ads..

--

Jadi apa yang harus anda dilakukan sekarang?
segera MULAI jualan ke inner circle!

0 Response to "Facebook Ads bukan segalanya!"

Posting Komentar