My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Akhirnya Beli Kindle Juga

Setelah galau berbulan bulan beli Kindle atau tidak. Akhirnya saya putuskan untuk beli!


Awalnya saya itu bimbang, apakah Kindle itu worth / sepadan? apakah mendingan beli tablet aja? apakah enak untuk membaca?

3 pertanyaan di atas sudah terjawab dengan berbagai teman yang saya tanyain, dan berbagai review di Youtube. Bahwa experience Kindle untuk baca buku lebih baik ketimbang pakai tablet.

Tapi ini nih petanyaan yang bikin galau... Apakah Kindle bisa buka Google Playbook? apakah harga buku di Kindle lebih murah dari Google Playbook? di buku ke berapa saya akan "BEP" jika beli Kindle? Apakah jadi rempong kalau bawa HP dan bawa Kindle?

Kegalauan itu terlibas dengan jawaban ini..

Kindle Paperwhite 10th Gen
Kindle Paperwhite 10th Gen


Kindle available di Android!

Awalnya saya fokus mencari ereader yang bisa buka Google Play Book, harganya mahal mahal euy! Saya pengen pengalaman yang seamless.. Ketika berpergian, bisa baca buku pakai HP saja. Ketika santai, bisa pakai ereader.... Kalau mau gini strict ke Google Play Book, harga device nya 3jt-an.. mending beli tablet Xiaomi kali ya?

eh ternyata... saya baru tau kalau Kindle ada di Android!
Jadi daripada berusaha meng-seamless-kan Google Play Book, ternyata lebih ekonomis meng-seamless-kan Kindle!

Saya bisa baca buku Amazon pakai Kindle, bisa juga pakai HP Android saya.. masalah REMPONG terselesaikan.

Ebook di Amazon rata flat di $8

Harga buku di Amazon jauh lebih murah dibandikan dengan di Google Play, setidaknya buku buku inceran saya ya (buku bisnis, self-help, dlsb). Bedanya jauhhhh.. Entah kenapa Amazon bikin harga buku2 inceran saya itu flat.

Mengingat "konsumsi" buku saya yang kurang lebih 3 buku / bulan, saya akan BEP kurang lebih di bulan ke-4 kalau saya beli Kindle yang harganya 1.8jt-an.

Not bad.. tapi dengan catatan saya ga beli beli buku cetak.. Pengalaman baca buku cetak masih jauh lebih baik dari device manapun.

Ada Kindle Unlimted

Nah ada fitur yang cocok banget buat saya. Bayar buku di Amazon bulanan.. bebas baca buku berapapun, mau di Kindle atau di web Amazon, flat sekitar $9 per bulan. ini sama aja dengan harga saya subscribe HBR. (Baca: https://www.garoblogz.com/2021/05/review-langganan-harvard-business-review.html)

murah banget.. dengan asumsi yang sama, jika saya menghabiskan 3 buku per bulan, maka langganan bulanan akan lebih ekonomis buat saya..

TAPIIIIII sungguh sangat disayangkan... Kindle Unlimited belum bisa di Indonesia! ah kesel juga. Udah nanya CS Amazon, katanya mungkin akan expand ke negara-negara lain dalam waktu dekat. Wallahualam kapan ya.. 1 tahun lagi? 2 tahun lagi?

--

Akhirnya saya beli juga deh Kindle 10th Generation 8GB. harganya 1.8jt beli di Tokopedia..

Pas barang dateng.. ini yang saya rasakan..

Ternyata Kindle ringan banget, dan handy banget

yes! lebih ringan daripada HP Redmi Note 10 pro saya! dan ini bisa masuk ke tas selempang Eiger saya. pas banget..

gripnya juga enak. pokoknya handy. Sayangnya ga ada built-in stand. terpaksa harus beli.

Lambat delay

Kalau dibanding Android atau tablet, jauh sekali performa kindle ini. Tiap tap, tiap slide nya lambat. Ya diwajarkan lah, karena peruntukan si device ini sangat spesifik: baca buku.

Batre super hemat

Amazon klaim Kindle nya bisa tahan seminggu.. Dan kagetnya saya, kalau lock screen gambarnya tetep muncul! dan batrenya tetep hemat. Saya belum nyari cara supaya kalau lock layar hitam blank saja.

masih micro USB

Biasanya device ter-mutakhir pakai USB-C. tapi Kindle ini masih micro-usb. apa saya ga beli yang paling mutahir kali ya?
ya gpp lah. Kabel2 micro USB masih banyak.

0 Response to "Akhirnya Beli Kindle Juga"

Posting Komentar