My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Jangan Ragu Invest Emas

Udah 3 tahun ke belakang saya jd investor emas, cuma beli nyimpen dan pantau, kalau ada rezeki lebih, beli lagi.. sempat juga jual beberapa gram, karena butuh uang waktu itu...

Ya intinya sama investor emas kacangan lah. belum lama, dan jumlah yang dibeli pun sedikit. Bukankah anda juga begitu? hehe..

Satu hal yang baru saya sadari, kalau kita padukan investasi emas dengan keimanan umat Islam, maka investasi emas TIDAK MUNGKIN rugi, MUSTAHIL rugi.

Kenapa? karena ada kewajiban zakat emas setiap tahun yang nilainya 2.5%! dengan catatan jika melebihi nishab 85 gram.

Allah SWT ga mungki ngasih peraturan gini untuk meragukan makhluknya kan?

Jadi sudah hampir pasti, dan dijamin oleh Allah, pertumbuhan nilai emas itu minimal 2.5% per tahun! tapi gimana faktanya historical harga emasnya? lihat gambar di bawah:

pergerakan harga emas dari tahun ke tahun
pergerakan harga emas dari tahun ke tahun

ternyata da juga kok harga emas turun sampai 27%.. tapi perlu diingat, itu adalah data tahun ke tahun...

Data sepanjang tahun yang naik turun ga dimasukin. Saya kurang begitu jelas grafik di atas, bisa dia ngambil 1 tangga saja tok, atau rata2 sepanjang taun. Yang jelas meski ada penurunan harga year-on-year di satu tahun tertentu, belum tentu kita merugi megang emas.

tergantung haul zakat kita tanggal berapa, alias tergantung kapan kita beli, dan tergantung kita jual si emas tersebut.

bingung ga ya?

hehe keep it simple. karena Allah mewajibkan Zakat emas 2.5%, ga mungkin Allah membiarkan kita rugi. percaya aja sama ini...

3 tahun saya pegang emas, emang belum pernah nilainya lebih rendah ketimbang dari pertama saya beli sih...

oya. apakah 2.5% ini gede?

KECIL! kalau mengacu pada standar ribawi bunga, BI Rate itu 6.5%. alias jika ada yang nganggur di bank, akan BI jamin tumbuh 6.5% uang tersebut..

Jadi kenaikan harga emas masih di bawah bunga bank. tapi anda mau pilih mana? yang sudah jelas dijamin oleh Allah dan yang sudah jelas dilaknat oleh Allah?

wallahualam.

0 Response to "Jangan Ragu Invest Emas"

Posting Komentar