My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Samakan Definisi

miskom lagi miskom lagi... ada kesalahan, lalu tinggal bilang "aduh maaf miskom"

miskom = miss komunikasi. lucu juga ya singkatan dari kata bahasa inggris dan bahasa Indonesia..


Aneh bin lucu, kenapa ya orang kalau ada kesalahan, dan kesalahan tersebut adalah miskom, seakan gapapa?? aneh!

mungkin karena saking seringnya terjadi kali ya..

usut punya usut, salah satu alasan terbesar miskom itu terjadi adalah: BEDA DEFINISI

oh ini penting sekali. dan bisa berulang ulang, kalau definisi yang anda fahami dan rekan anda fahami berbeda..


Ini kejadian antara saya dan karyawan. Perbedaan definisi yang sangat kecil, tapi impaknya... duhhhh.. miskom terus... salah teruss. menggemaskan..


Jadi gimana caranya menyamakan definisi?


Jangan menganggap kosakata anda sama dengan rekan anda

Tingkat pengetahuan orang beda beda, untuk penyamaan rata definisi biasanya sih di tingkat pengetahuan umum. Makannya jangan heran, akan sangat sering sekali miskom bila lulusan perguruan tinggi berbicara dengan lulusan SD (misalnya).

Karena level orang beda beda, perlu anda sadar, anda dan rekan anda pun pasti berbeda. Entah siapa yang lebih tinggi, tapi jelas berbeda.

Dengan menyadari perbedaan ini, harusnya anda jadi lebih aware akan terjadinya miskom di kemudian hari.

Harus cerewet dan bawel

Jika ada kosakata baru, harus cerewet. Berulang ulang anda sampaikan apa itu artinya. Atau anda harus berulang ulang menanyakan kosakata yang anda tidak mengerti ke rekan anda. Ini penting sekali bro.

jangan gengsi.. jangan merasa, "ah hanya persoalan definisi 1 kata doang".. ohhh jangann jangannn... kecil kecil lama lama jadi bukit.

Jadi anda harus bin wajib cerewet dan bawel. Kalau anda yang mengenalkan kosakata baru, berulang ulang anda harus sampaikan apa definisi kata tersebut. Jika anda yang baru denger kosakata itu, wajib andasering nanya ya...

Banyak baca buku

Tadi sebelumnya saya sudah bilang, biasanya miskom tuh karena pengetahuan umum yang tidak sepadan. Ini pengetahuan umum loh ya, bukan pengetahuan khusus. Tukang bangunan berpengalaman akan jarang miskom soal kerjaan dengan Sarjana di lapangan, karena ini pengetahuan khusus mereka, kalau ada hal hal baru (pengetahuan umum), rawan miskom..

Jadi kalau anda tidak mau jadi biang miskom, banyak banyak baca buku ya.

Soal baca buku, saya sudah banyak sekali nulis review buku di blog ini, silakan jika mau jalan jalan: https://www.garoblogz.com/search/label/Review%20Buku?max-results=10

0 Response to "Samakan Definisi"

Posting Komentar