My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Shopee Dapet Uang Dari Mana?

Pernah denger gak katanya start-up start-up unicorn di Indonesia itu belum untung?

Kalau "untung" sih saya ga tau, tapi kalau Shopee dapet uangnya dari mana aja, insya Allah saya tau.

Beberapa bulan yang lalu saya pernah ngobrol langsung dengan orang dalem Shopee, jadi beliau ini temannya teman saya. Kami berdiskusi soal start-up yang lagi saya rintis, namanya Borongdong.id.

Si orang Shopee bilang, bahwa pendapatan terbesar Shopee sejauh ini adalah Marketplace Fee. Apa itu marketplace fee? yaitu biaya yang dipotong dari penjualan tiap seller. Ga semua seller sih, angkanya variatif antara 1 ~ 8%.

Saya buat poin by poin deh. Jadi, Shopee dapet uang dari mana saja?

1. Marketplace Fee

Udah sedikit saya singgung di atas, katanya penghasilan terbesar Shopee adalah marketplace fee ini. Jujur aja saya agak kaget. Karena sebenernya besarannya kecil, hanya maksimal 8%. Saya ngiranya yang paling gede itu dari Shopee Iklanku. Karena buat saya, marketplace fee yang disetorin ke Shopee itu sekitar 20jt/bulan, sedangkan untuk Shopee Iklanku itu di 7jt/minggu. jadi gedean mana?

Ternyata saya salah.

Praduga saya, berarti banyak banget seller yang ga pake Shopee Iklanku aja udah laku. Hmmm... logis..

Online shop yang udah terkenal di IG, jualan di Shopee mah ga perlu ngiklan lagi. User yang udah ngefans, pasti nyari sendiri online shop itu.

2. Saldo Mengendap

Perputaran uang di Shopee itu luaaarrrr biasa besar. Dan sama sama kita ketahui, ada delay dari customer transfer ke pencairan ke penjual. Di data bisnis saya, pencairan itu biasanya 3-4 hari pesanan masuk.

Nah di sela sela waktu 3-4 hari itu uangnya dikemanain? disimpen doang gitu?

Ya kalau penjualnya cuma saya doang mah ya disimpen. Tapi kalau penjualnya ribuan? puluah ribu? Bayangin berapa rupiah yang idle.

Shopee dengan talent talentnya yang luar biasa, pasti bisa ngitung tuh, berapa sih saldo minimal yang harus ada setiap harinya. Dari situ ketahuan, seandaikan saldo minimal itu dipake hal lain tentu boleh dong? toh ga akan memengaruhi pencairan ke seller.

Dipake hal lain itu hal apa? ya gatau. bisa investasi surat berharga, R&D, dan masih banyak lagi.

Meskipun ini saya ga verifikasi langsung ke Shopee nya, tapi saya yakin da pasti Shopee melakukan ini. Jangankan Shopee, wong kita aja pedagang kecil kalau ada duit nganggur gemes. kudu produktif, ya ga?

3. Shopee Iklanku

Shopee Iklanku ini produk yang "murah" buat Shopee. artinya cost yang Shopee keluarkan akan sedikit saja bertambah meskipun pembeli Shopee iklanku membludak banyak. Ini di istilah bisnis, namanya scalable. ngerti ga?

Jadi gini. Shopee Iklanku itu kan suatu fitur yang ada di dalam ekosistem Shopee. Biar ekosistem itu jalan Shopee butuh apa? butuh orang dan server. Nah kebutuhan orang dan server jika pengguna Shopee iklanku cuma 100 orang, akan tidak jauh berbeda jika pengguna Shopee Iklanku jadi 1000 orang. Karena mesinnya sama, algoritmanya sama, logicnya sama, sistemnya sama dst dst.

harusnya Shopee bisa dapet gede banget dari sini. Tapi mungkin banyak penjual yang berlum merasa butuh menggunakan Shopee Iklanku.

4. Campaign Package Shopee

Baca dulu: https://www.garoblogz.com/2021/01/apakah-shopee-mall-jaminan-laris.html

Jadi Shopee itu menawarkan paket paket campaign ke penjual penjualnya. Saya tau ini karena toko saya Shopee Mall, dan nyaris rutin ditawari paket paket.

Paket itu tentang penempatan banner di homepage Shopee, tentang penempatan brand kita di kolom search, tampil di TV, diupload di IG nya Shopee, daaaaannnn masih banyak lagi.

Paket campaign ini berkisar antara 5jt ~ 1M++ bahkan lebih loh! soalnya saya ada pernah liat ada deck campaign package yang bidding. wow ngeri. Mungkin yang ikutan bidding ikan ikan gede kaya Unilever, Indofood, Wings, Xiaomi, dan masih banyak lagi.

Ini mah simple kan? kebayang kan?

Ibaratnya anda punya mall, anda nanyain tenant tenant anda, siapa mau dipasang banner di depan mall? sini wani piro.

5. Toko Shopee

Toko yang dikelola oleh Shopee, murah banget
Toko yang dikelola oleh Shopee, murah banget


Pernah belanja di S-Mart by Shopee? atau E-Mart by Shopee?

2 toko ini adalah toko yang dikelola langsung oleh Shopee. Baranganya apakah milik Shopee? mereknya sih bukan. Tapi kemungkinan sih Shopee beli putus ke produsennya.

Soalnya itu ada jual Indomie, saya yakin Shopee beli langsung ke Indofood, sehingga dapet harga murah, dan dijual deh.

Ya intinya ada toko online di Shopee nya sendiri. Penghasilannya gimana? menurut saya ga sebesar poin poin di atas. Apalagi produk yang laku di toko Shopee ini adalah FMCG yang marginnya kecil bro... dapet margin 10% aja udah bagus banget.


==


Apakah anda kerja di Shopee? yuk diskusi []

0 Response to "Shopee Dapet Uang Dari Mana?"

Posting Komentar