My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Wawancara Kerja Online


Baru aja hari ini saya nyobain nge-wawancara calon karyawan secara online pakai Google Meeting. hari ini saya ngewawancarai 5 orang, dan besok 5 orang lagi..

Ternyata enak banget wawancara online, ga ribet.. Ga perlu nyiapin minum, ga perlu nyediain ruang tunggu. wah enaklah pokoknya, saya suka.

Walaupun baru ngewawancarai 5 orang secara online (secara offline mungkin udah 100++ orang), saya berani menyimpulkan beberapa hal sebagai tips buat anda yang mau wawancara online.

1. Pastikan Device Ready

nah ini kejadian tuh tadi. Si calon pekerja ngomong tapi ga kedengeran apa apa, jadi di video mulutnya mangap mangap, tapi saya ge ngedenger apa apa. Saya ngomong jg doi ga denger apa apa. Oh itu mah kayanya masalah headsetnya. Yaudah saya chat aja di Room Google Meet kalau dia ga kedengeran, saya minta keluar lalu masuk lagi.

Selang 10 menitan, dia masuk lagi ke room Google Meet, dan udah ganti headset! kok bisa tau? krn sebelumnya warna putih, setelahnya warna hitam. Baru deh kedengeran jelas dia ngomong apa.

Sebenernya kalau soal audio, tanpa headset juga udah bagus kok. Hanya yang susah harus memastikan lingkungan sekitar ga berisik. Jadi kalau anda mau wawancara di dalam kamar yang hening, saran saya ga perlu pakai headset.

2. Pastikan internet ready

Sebenernya makin ke sini internet makin cepet ya, tapi ga salahnya untuk mempersiapkan koneksi internet terbaik sebelum wawancara.

Tadi sih saya tidak terlalu terganggu dengan delay yang terjadi, masih sangat OK lah.

Saran saya, untuk wawancara onlne, JANGAN GUNAKAN WIFI. koneksi WIFI itu sebenernya lebih rentan ketimbang koneksi broadband kartu sim anda. Kecuali WIFI nya cuma anda sendiri yang pakai ya..

jadi ibarat kata, kalau WIFI digunakan oleh 20 orang, kecepatannya ya dibagi 20, tapi kalau pakai internet langsung dari HP anda, kan cuma anda doang yang pake, jadi Insya Allah full speed.

3. Cari latar yang polos. membelakangi dinding langsung

Saran saya gunakan latar yang polos saat wawancara online, ga perlu ngemodal beli backddrop / wallpaper, cukup dekatkan lokasi anda duduk ke dinding, dan anda membelakangi dinding.

Polos ya! bukan banyak perabot. dengan polos membuat yang nge-wawancara bisa lebih fokus. ingat jangan sampai ada perabot, apalagi kalau sampai ada orang lalu lalang, duh itu ga banget.

Ga nemu tembok polos? ya akalin deh entah gmn caranya, enta perabornya diutupi kain dulu. dan lain sebagainya.

Oya bukan berarti harus putih loh ya, kalau cat tembok rumah anda warna oranye misalkan, ya gpp.. asalkan polos ya

4. Duduk di kursi!

Td sy ngalamin, si calon pekerja sepertnya berdiri dan megang HP nya langsung pakai tangan. Ini jujur mengganggu sekali, karena goyang goyang!

Walaupun perasaan anda, anda yakin ga bakal gerak gerak, tetep aja, kalau pakai camera kerasa banget ada gerakan gerakan..

Jadi carilah meja, kalau pakai laptop sih gampang. Kalau HP? ya carilah barang untuk bisa naha HP anda, kalau perlu beli phone holder, murah kok, paling 10rb-an..

Phone Holder untuk wawancara kerja online
Phone Holder untuk wawancara kerja online


Kelihatannya remeh sih, tapi td sy merasakan ketidaknyamanan ketika mewawancarai orang yang tampilannya goyang goyang. Kaya ngewawancarain orang yang lagi nge-vlog. duh....

--

Udah itu dulu, mungkin nanti kalau jam terbang udah bertambah akan saya tambahkan tips wawancara kerja online part 2.

0 Response to "Tips Wawancara Kerja Online"

Posting Komentar