My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Beli Mainan Buat Anak

Anak saya 2, dan ngebeliin mereka mainan tuh yang seneng bukan mereka aja, tapi saya juga seneng banget ngeliat mereka seneng. Seneng banget ngeliat mereka excited....

Dan perlu anda ketahui, industri mainan anak itu bukan main main loh... padahal mainan ya? haha.... Apalagi industri video game. wah gila lah pokoknya mah.

Di sini saya cuma bahas soal mainan fisik ya, bukan mainan di HP..

Tips ini supaya anda ngebeliin mainan dengan tepat sasaran, efisien, efektif...

1. Cari yang murah, tapi banyak

Mainan anak variatif banget harganya, dari yang under 10rb perak, sampai jutaan juga ada... Meski anda banyak duit, menurut saya ga bijak beli mainan mahal mahal buat anak. kenapa? karena masa pakainya ga lama.... Paling lama juga setaun kan? eh jangankan setaun, sebulan aja anak udah bosen...

Cuman anehnya, anak kecil itu secara teori ga cepet bosen kok. Buktinya anak kecil kuat mantengin kartun yang udah berulang ulang di tonton. Tetep aja mereka seneng.

Balik lagi ke mainan..

Beli mainan itu enaknya online! karena harganya jauh lebih murah daripada pergi ke toko mainan. Saran saya beli lah mainan yang super duper murah, tapi banyak.. Contohnya tempo hari saya beli mainan di Tokopedia dengan total 100rb-an, tapi dapet 10an item. banyak kan?

belanja mainan anak murah di Tokopedia
belanja mainan anak murah di Tokopedia

Anak kita mana tau harga si mainan, anak kita mana peduli dengan kecanggihan mainan mahal. yang penting buat mereka kan yang membuat seneng, yang seru, yang menarik. Harga murah juga udah cukup menarik dan bikin seru kok...

Sekarang pilih mana. Beli 1 mainan seharga 100rb, bosen dalam 1 minggu... atau... beli 10 mainan seharga 100rb, bosen dalam 10 minggu? hayo...

Oya 1 lagi, standar gaya hidup itu susah turunnya. ini ga hanya di orang dewasa! anak kecil juga loh! kalau anda udah biasa ngebeliin mainan mahal dengan fitur canggih dan keren, anak jadi ga mau dengan mainan kampung yang murah. Rugi banget, padahal mainan mahal bukan jaminan rasa senang jadi tinggi, dengan mainan murah pun anak bisa seneng banget kok...

Bahkan saya pernah satu kali menolak pemberian mainan bekas dari kakak saya, mainannya keren banget sih, tapi kalau anak saya jadi memiliki mainan itu, saya yang repot. Nanti kalau beli mainan standarnya jadi tinggi. begitu....

2. Kasihkan berkala

karena saya beli mainannya banyak, saya ngasihnya pun berkala... Jadi anda pasti tau betul, kalau salah satu proses yang menyenangkan ketika membelikan anak kita mainan adalah saat saat kita ngasihnya..

Jadi kalau anda beli 10 mainan, jangan dikasih sekaligus, karena hanya akan terasa senang 1x. Tapi kalau displit jadi 10x? efeknya jadi lebih besar kan.

Anda jadi 10x lebih senang, anak anda juga 10x lebih senang...

Saran saya kasihkan berkala bukan berdasarkan waktu. Tapi berdasarkan prestasi si anak.. Jadi harus ada if conditional kapan ngasihin mainan ke anak... Eh iya jangan salah kaprah, jangan sampai ngasih mainan hanya jika anak rewel atau supaya dia diem.

3. Simpan mainan lama, repackaging

Anak saya paling gede umur 3 tahun. Tapi mainannya udah 3 box! banyak banget, berantakan kalau main. Sebenernya itu ga semuanya saya yang beli, banyak juga yang "warisan" dari sodara.

Saran saya, mainan mainan yang lama taro ke gudang.. Nanti kalau anak udah merasa bosen dengan mainan yang ada, tuker deh. Yang ada masukin ke gudang, yang di gudang mainin lagi.

Anak sih bakal inget itu mainannya dia, tapi kan terasa lebih fresh, jadi rasa senang sang anak termaintain. asyik kan???

0 Response to "Tips Beli Mainan Buat Anak"

Posting Komentar