My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Trust Your Subourdinates

Sempat terjadi ke saya, saya sangat susah mempercayai karyawan. Ini bukan hal keamanan ya.. Kalau soal menjaga aset perusahaan, tidak mencuri, dlsb sih sy percaya percaya aja..  Dan alhamdulillah kebukti emang rasanya belum pernah ada kasus pencurian oleh karyawan di perusahaan saya (atau mungkin saya yang ga tau)

Tapi kepercayaan di sini maksud saya adalah soal menuntaskan pekerjaan, menyelesaikan pekerjaan dan kualitas pekerjaan..

Penting sekali untuk mempercayai karyawan loh. Kepercayaan itu 2 arah. Dan kalau ga dimulai dari pemimpin, jangan harap karyawan bisa percaya pada anda.

Dulu waktu rasa ga percaya saya nget banget, saya sering sekali menagih progress, sampai hal hal yang teknis detil! Kalau ga delivered, saya marah. Kalau kualitas jelek, saya marah. wah parah lah. Jadi malu sendiri. Memang jadi pemimpin perusahaan itu ujian leadership yang luar biasa.

Kini saya jauh lebih mudah percaya ke orang. Saya akan membiarkan dulu si bawahan saya meng-explore tugas yang saya kasih. Selama hasilnya masih 80% sesuai dengan keinginan saya, akan saya biarkan, bahkan saya apresiasi. baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/11/delegeate-80.html

Hati hati, metode di atas cocok kalau tugas yang diberikan tidak memberikan dampak super duper fatal. Selama jika pekerjaan itu hasilnya jelek banget dan dampaknya ga fatal, saran saya biarkan aja dulu karyawan anda meng-explore..

Lalu bagaimana kalau udah dipercayai dan masih saja hasil jelek dan tidak delivered?

Nah ini yang salah bukan pekerjaannya, tapi yang salah anda memperkerjakan orang yang salah. Saran saya langsung aja "buang" orang seperti itu.

Saya pernah mengalami berusaha "ngebenerin" karyawan supaya bisa masuk kriteria saya, bisa delivered kerjaan, bisa menyesuaikan kualitas.. Orang itu ga bisa bisa, sampai saya kesal. Berulang ulang, berulang ulang. Dulu saya masih "kekeh" supaya bisa berhasil ngebenerin.. Padahal harusnya, kalau memang udah kejadian 2-3x, yaudah langsung cut-loss!

2 bulan lalu saya langsung mempercepat kontrak karyawan saya yang baru kerja 3 minggu. Gara gara dia 1x miss instruksi saya, dan 1x izin sakit. Wah ini udah tanda tanda, daripada berharap bahwa dia bisa bounce-back, mending fokus aja ke fakta. Saat itu juga saya putuskan kontraknya.

Pengalaman saya di atas hanya pas utk karyawan yang masa kontrak loh ya..

yang gawat itu kalau kita punya karyawan lama, eh performnya menurun, sehingga kita kehilangan kepercayaan ke dia. Mau mecat ga kuat pesangong, mau dibiarkan bikin kesel. Apakah kita harus berharap orang itu kembali perform? Mending jangan! langsung aja pecat (walaupun saya belum mengalami). Hampir semua buku ttg perusahaan keren yang saya baca, mecat karyawna adalah HAL YANG WAJIB dilakukan. baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/09/memecat-karyawan.html

0 Response to "Trust Your Subourdinates"

Posting Komentar