My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Software Mindmap

Entah gimana produktivitas saya kalau ga kenal namanya mindmap.

Saya emang suka nyatet, dari kecil. Awalnya saya nyatet di buku bergaris, hingga suatu saat dibilangin kalau nulis di buku bergaris, pikiran kita ter-kotak-an ngikuti garis. Bener aja buku catetan saya waktu itu ngikutin garis, kaya buku cerita...

Lalu saya beralih ke kertas kosong, lebih enak, walau kadang tetep nulisnya kalimat kalimat, bahkan paragraph paragraph. Kalau ga salah ini waktu saya SMA menjelang SPMB.. Jadi catatan pelajaran saya beda sama teman, kalau saya binder dengan kertas blank melompong, kalau teman buku catatan bergaris biasa.

Seiring waktu saya dikenalkan lah dengan mindmap, awalnya nyoba bikin mindmap dengan kertas. Memang lebih enak dan lebih terbayang dengan catatan sendiri, cuman kelemahannya, karena merasa "puas" dengan setiap hasil mindmap, jadinya saya takut salah nulis, alhasil pikiran tidak tertumpahkan seluruhnya.

Nah sudah berjalan sekitar 10 tahun lah, sejak kuliah, saya pakai mindmap versi digital. Udah banyak software yang saya coba, dari free, bajakan, sampai berbayar. Ini beberapa yang saya pernah pakai:

  • Mindjet --> waktu itu saya crack, skg kynya udah ganti jadi MindManager.. enak banget dipake di PC, tapi ribet karena offline dan susah dipakai di HP
  • SimpleMind --> berbayar, enak via HP, tapi ga bisa pakai PC. waktu itu sih, skg ga tau deh
  • FreeMind --> fitur sedikit, tapi gratis! enaknya hanya pakai PC, pakai HP blm ada softwarenya (dulu)
  • MindMup --> fitur cukup, GRATIS, connected to GDrive, enak pakai PC, pakai HP susah editing tp masih enak dibaca
Sampai sekarang saya masih pakai MindMup, belum pindah ke lain hati. Kelemahannya hanya susah editing di HP. Tp gpp sih buat saya, karena saya emang jarang jauh dari laptop/PC.

Contoh penggunaan MindMup
Contoh penggunaan MindMup



Dan yang paling saya suka dari MindMup itu adalah dia terkoneksi dengan Google Drive. Jadi bisa dipakai di laptop mana saja, asalkan ada internet. Kalau filenya offline ribet banget buat saya, saya pakai PC di kantor, di rumah ada Laptop, lalu kalau on the go ada laptop 1 lagi. Ga kebayang kalau file nya offline, harus colok colok flashdisk/HDD terus. Ga handy.

Janngan punya banyak file mindmap, supaya bisa cross over. Saya sendiri hanya punya 2 file mindmap, 1 untuk Bajuyuli, 1 lg untuk kehidupan saya selain Bajuyuli.

Setiap hari, setiap buka laptop/PC, tab yang saya buka adalah WA Web dan 2 mindmap tersebut. Jadi ketika "terbesit" suatu ide, atau ada task yang perlu ditunda dulu, langsung saya masukkan ke mindmap tersebut.

Saya biasanya meninjau dengan serius mindmap saya itu seminggu sekali. Menghapus yang sudah dilakukan, meninjau mana yang belum dilakukan, dan seterusnya. Terasa hidup saya jadih lebih ringan, lebih produktif, dan lebih terbayang.

Jadi buat anda yang belum nyobain pakai mindmap, cobain deh. Awalnya mungkin kaku, tapi lama kelamaan ga akan bisa lepas dari mindmap. Saya adalah 1 dari sekian juta orang yang merekomendasikan penggunaan mindmap untuk produktivitas hidup

semoga bermanfaat.

0 Response to "Review Software Mindmap"

Posting Komentar