My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: Scale Up Kitab 1 - Afrig Wasiso & Alfan Robbani

Allah maha baik, memang saya lagi pusing soal bisa membuat bisnis saya "great again", eh ada temen tiba2 minjemin buku ini ke saya. Baca dulu: https://www.garoblogz.com/2020/08/fase-5-tahun-berbisnis.html

Qodarullah.. tidak ada yang kebetulan..

buku scale up kitab 1


Buku ini keren juga, yang paling saya sangat suka adalah buku ini SANGAT PRAKTIKAL.

Isinya sesuai judul, yaitu untuk mengembangkan UMKM supaya lebih maju dengan meningkatkan omset. Tapi sang penulis salah dalam mengartikan UMKM, harusnya merujuk ke Undang-undang, bukan ke peraturan pajak. Jadi menurut penulis, yang disebut udah lolos dari UMKM adalah suatu bisnis yang sudah memiliki omset lebih dari 4.8M/tahun, padahal itu mah angka syarat suatu bisnis menjadi PKP (perusahaan kena pajak), dimana itu bukanlah undang undang, tapi peraturan.

Menurut Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 ttg UMKM, yang dinamakan usaha menengah itu yang memiliki omset maksimal 50M setahun, selebihnya baru bisa disebut sebagai perusahaan besar.

Batas omset UMKM
Batas omset UMKM


Silahkan Googling sendiri ya untuk file undang undang tersebut.

Ya meski si penulis kurang tepat, tapi tidak mengurangi ke-kerenan buku ini kok. Toh mencapai 4.8M setahun adalah pencapaian yang luar biasa, meskipun masih digolongkan UMKM.

Perusahaan saya alhamdulillah sudah tembus kalau 4.8M. Tapi kalau tembus 50M? belum. masih jauh.

OK balik lagi ke bukunya, tadi saya sudah sebutkan kalau buku ini sangat praktikal, alias sangat teknis sekali. Sangat mudah dimengerti, dan sangat BISA LANGSUNG DIJALANKAN.

Menjabarkan mulai dari caption iklan, copywriting, mencari padanan kata untuk iklan, mencari produk, eliminasi produk, metode eliminasi produk, sampai metode wawancara karyawan! semuanya dibahas mendetil. Dan saya yakin sih, itu mereka tulis di buku ini karena mereka pernah mengalaminya, dan sepertinya sih berhasil.

Awalnya saya agak skeptis dengan buku buku teknis seperti ini, karena sombong kali ya, saya berpikir dalam hati, "ah itu mah udah tau".. ehh ternyata enggak! meskipun 80% dari buku ini saya udah pernah praktekkan / baca di tempat lain, sisa 20% lainnya itu berharga banget. Dan langsung saya cus praktekkan.

Saya ga akan bahas kontennya di sini, karena bisa jadi hanya copas doang dari buku. Mending anda beli aja bukunya (ga ada fee endorse ke saya loh ya)

Saran saya kalau mau baca buku ini, luangkan waktu dulu untuk baca skimming dari awal buku sampai akhir buku. Mungkin butuh waktu setengah jam. Lalu pilih materi materi mana saja yang belum diketahui. JANGAN BACA dari awal! ini baca buku praktek, bukan baca buku komik, jadi anda SANGAT BOLEH mengulang lagi ke bab bab pertama suatu saat nanti.

Setelah ketemu materi-materi apa yang mau dipelajari dari buku ini, urutkan dari yang paling anda butuhkan. lalu JANGAN LANGSUNG dibaca semua. Cukup baca dimulai dari urutan tersebut, LALU PRAKTEK.

BACA PRAKTEK BACA PRAKTEK BACA PRAKTEK!

sekali lagi

BACA PRAKTEK, BACA PRAKTEK, BACA PRAKTEK!

bahkan yang mpunya buku di akhir juga nulis, buku ini ga ada gunanya kalau ga dipraktekkan.

Oya saya kaget juga, harga buku ini 700rb-an loh! gila mahal juga ya... tapi gpp deh, toh saya dikasih pinjem ini. hehhe..

Tapi apakah anda harus beli? 

kalau anda tidak terbiasa baca buku: JANGAN BELI, karena nanti jadi mubazir

kalau anda baru pertama kali bisnis: JANGAN BELI, mending cari materi gratis aja di internet / Youtube

kalau bisnis anda lagi naik: JANGAN BELI, karena bisa jadi tanpa buku ini anda sudah scale up

kalau anda tidak biasa dengan kosakata bahasa Inggris: JANGAN BELI, karena di dalemnya banyak bhs Inggris

kalau anda punya uang lebih dan bisnis lagi turun: BELI, karena ini yang saya alami. hehe

0 Response to "Review Buku: Scale Up Kitab 1 - Afrig Wasiso & Alfan Robbani"

Posting Komentar