My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Matinya WikiHow

Saya inget banget dulu saya sangat terinspirasi dengan WikiHow, karena apa apa yang saya Googlingkan tentang troubleshooting, kemungkinan besar masuknya ke WikiHow. Karena itu saya sangat bermimpi bisa punya penghasilan tetap dari Adsense, alhamdulillah sekarang sudah tercapai, meskipun nominalnya masih belum bisa menutupi kebutuhan bulanan keluarga.

Dulu inget banget iklan Google Adsesen untuk menggaer publisher itu nampilin success storynya WikiHow, tapi dimana mereka sekarang?

Sepertinya mati enggan, hidup pun susah.

Baru aja saya Googling dan bermuara di WikiHow, saya sadar ini karena sebelum sebelumnya saya ga pernah nemuin WikiHow dalam hasil Googling! itulah kenapa saya bikin tulisan ini.

Apakah SEO nya WikiHow turun drastis? apakah WikiHow jadi tidak disukai Google? rasa rasanya jawaban keduanya adalah: TIDAK MUNGKIN. Perusahaan sebesar WikiHow ga mungkin ga punya SEO Specialist berpengalaman, dan ga mungkin juga di-blacklist oleh Google, toh WikiHow sempat menjadi partner terbesar Google.

Hipotesa saya, WikiHow ini terdistrupsi oleh web web lain yang semakin banyak menyajikan tutorial dan yang paling utama kalah oleh Youtube. Blog blog personal semakin mudah bikin artikel tutorial, dan saya yakin WikiHow karena perusahaan sudah besar, pasti untuk membuat konten baru yang fresh tidak akan secepat blog personal. Itulah namanya terdistrupsi. baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/03/review-buku-disruption-rhenald-kasali.html

Dan yang paling telat adalah pergeseran orang orang yang beralih mencari tutorial ke Youtube, dimana WikiHow sendiri "terlambat" melirik video Youtube ini. Buktinya susbcribernya hanya 65.3k dan total view nya cuma 12jt-an. Dibandingkan channel saya yang Tutorial Milenial, subscriber saat ini 18k, dan total view 4jt-an.

Youtube Wikihow
Youtube Wikihow


Tim saya cuma 3 orang, Tim Wikihow? minimal puluhan orang. Jadi secara rasio, saya mengalahkan WikiHow secara telak. haha keren juga.

Sekarang zaman edan, kalau anda sudah sukses dalam berbisnis tahun lalu, belum tentu metode dan cara yang sama bisa membuat anda sukses lagi. Teruslah berubah terus berinovasi, dan kalau kata Prof. Rhenald Kasali mah mendistrupsi diri sendiri.

2 komentar:

  1. benarkah wikihow sudah kalah sama blog personal? Alhamdulillah.. misi kita berhasil yaa om :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ya begitulah sepengamatan ane gan.. Secara rasio kalah telak dong Wikihow.. karyawannya aja berapa? gajinya berapa? kita blogger kan paling banter punya tim 5 orang, low cost

      Hapus