My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Solusi Laptop Ketumpahan Air

3 hari lalu laptop istri saya ketumpahan air oleh anak saya. Untungnya air putih biasa, bukan air yang aneh aneh.. Alhamdulillah skg laptopnya udah kembali normal, bisa dipakai.

Pada prinsipnya, konslet itu akan terjadi jika ada hantaran listrik yang tidak seharusnya. Misal dimana harus dari A+ ke A- malah jadi A+ ke B-. Dan air sebagai salah satu penghantar listrik, bisa menjadi penghantar itu. Sirkuit /PCB elektronik jaman sekarang kan super duper kecil, maka setetes air pun sudah sangat mungkin bisa menjadi penghubung 1 node listrik ke node lainnya. Dan jika elektrknonik itu dinyalakan, maka terjadilah yang namanya konslet, alias short, karena lonjakan listrik tersebut.

Jadi kesimpulannya, jika suatu barang elektronik dalam keadaan FULL MATI kita cemplungkan ke air, dan kita nyalakan lagi dalam kondisi betul2 kering, maka Insya Allah barang elektronik tersebut tidak akan konslet.

Laptop HP Joy ketumpahan air dan hairdryer
Laptop HP Joy ketumpahan air dan hairdryer


Berikut yang kami lakukan:

1. Segera matikan Laptop yang ketumpahan air

Ini supaya tidak ada listrik yang konslet seperti paragraf pertama saya bilang. Ada jg yang menyarankan lepas baterai, bahkan lepas semua komponen si laptop. Kalau berani ya silahkan, kalau takut mending ga usah, cukup pastikan laptop dalam keadaan SHUT DOWN, bukan SLEEP.

2. Keringkan

Mengeringkan ini banyak metodenya. Yang kami lakukan adalah dengan cara menyemprotkan hairdryer panas. Memberdirikan laptop supaya air mengalir ke bawah, lalu semprot hairdryer, lalu balikkan si laptop sehingga berdiri dalam arah berbalikan dari sebelumnya, lalu semprot lagi haridryer.

Masukkin ke karung beras juga efektif kok, terbukti mangga mentah bisa jadi mateng kan kalau dimasukkan ke beras? nah masalahnya kasus saya ini laptop, jadi ga bisa masuk karung beras. Kalau handphone tentu jauh lebih mudah

3. Nyalakan kalau sudah benar benar yakin kering

Ulangi poin no 2 sesuai kreativitas anda, bisa googling metode metode ngeringin elektronik. Lalu hanya nyalakan laptop jika memang anda merasa benar benar yakin kalau si laptop sudah kering, tidak ada tetesan air di dalam laptop, tidak ada basah di dalam laptop. Karena jika masih ada air di dalam, meski di bagian yang tersempit dari si laptop, bisa fatal loh. Seperti yang saya bilang di poin no 1.

Ok selamat mencoba.

0 Response to "Solusi Laptop Ketumpahan Air"

Posting Komentar