My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Punya Banyak Website Untuk Apa?

Beberapa hari lalu rekan saya menanyakan, "punya banyak website untuk apa?" Jawabannya bisa kompleks bisa simple, jawaban via WA saya cukup simple, di sini saya coba jabarkan agak sedikit detil.
kenapa punya banyak website?
kenapa punya banyak website?

Saya mengelola kurang lebih ±15 website, mulai dari blog pribadi, blog istri, website jualan 1, website jualan 2, website jualan 3, blog sampah 1, blog sampai 2, dst dst dst.

Saya sudah "bermain" website kurang lebih 5 taunan lah, tujuan awalnya adalah untuk dapet duit dong tentunya. Baca dulu: 5 Tahun Main Adsense

Lalu jualan online jadi HYPE sampai sekarang, dan skill saya membuat website jadi sangat terpakai sekali.

Berikut alasan kenapa saya punya banyak website:

1. website murah, konten mahal

Bikin website itu sebenernya murah sekali, 1 tahun hanya mengeluarkan biaya kurang lebih 200rb aja, ini bayarnya tahunan ya, karena hitungannya kita menyewa. Silahkan Googling sendiri ya.. Yang susah itu ngerawat websitenya! mulai dari bikin tampilan yang bagus, struktur website yang disukai Google (SEO), dan yang paling susah bikin kontennya!

Beberapa website saya ada yang tampilannya saya minta orang untuk desain, dan lumayan juga biayanya. Tapi ada juga yang tampilan apa adanya, asal asalan.. Untuk konten sendiri, ada yang saya buat sepenuh hati seperti BLOG ini, dan ada juga hasil scrape (copy paste) dari website lainnya..

Dari keseluruh website saya ini, menghasilkan pageview kurang lebih 5000 pengunjung per hari. Apa ini bagus? oh tidak.. dari 5000 pengunjung per hari, masuk ke kantong saya itu hanya sekitar $1 per hari!

2. investasi

Saya berani bilang, punya website itu INVESTASI jangka panjang, bahkan super duper panjang. Karena 1 nama domain website hanya ada 1, alias unique. Jadi blog ini kan alamatnya garoblogz.com tidak ada orang lain yang bisa memiliki domain itu selain saya.

Makannya website website dengan nama generik kemungkinan besar sudah ada yang punya, dan tidak sedikit bisnis yang jual beli nama website dengan nama generik tersebut. dan mahal pula!

Ini layaknya tanah, tidak bisa diduplikasi..

Belum lagi, pageview website itu susah sekali turunnya. Tapi susah sekali juga untuk menaikannya. Ada 1 website saya, yang ga pernah saya isi lagi kontennya, jarang sekali saya rawat, tapi pageviewnya terus aja segitu, kurang lebih 1000 page view/ hari. Usaha minimal, dengan pendapatan konstan. Cuman pertanyaan besarnya adalah bagaimana 1000 pageview/hari itu bisa jadi bernilai buat saya, ya paling gampang sih ditanam iklan.

3. Website spesifik = bagus

Kalau anda punya 1 blog membahasa apa saja secara acak sebetulnya itu kurang bagus di mata Google. Seperti blog saya ini, karena blog personal, saya isi apa saja terserah saya. Sebenernya ini jelek. Yang bagus itu 1 website spesifik membahas tertentu. Misal 1 web untuk bahas memasak, 1 web untuk membahas parenting, dst dst dst. itulah makannya seorang blogger jarang sekali memiliki hanya 1 website saja.

==

jadi buat anda yang baru mau mulai "berternak" website, anda sudah terlambat! jadi segera tebus keterlambatan anda, kalau mulainya baru besok, tambah terlambat loh. hehe

0 Response to "Punya Banyak Website Untuk Apa?"

Posting Komentar