My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Gaji Karyawan Online Shop Bandung Cimahi


Izin saya share pengalaman soal gaji karyawan yang pernah saya lakukan, dan info dari teman teman owner online shop lainnya. Kegunaannya supaya anda yang sedang mencari kerja jadi terbayang gaji yang pantas jika bekerja di online shop. Dan jika anda pemilik bisnis, jadi tau kisaran berapa anda harus mengeluarkan uang untuk gaji.

suasana kerja online shop Bandung Cimahi
suasana kerja online shop Bandung Cimahi


Tiap wilayah bisa berbeda ya, karena saya di Bandung dan Cimahi, jadi artikel ini cocoknya buat anda yang berada di Bandung dan Cimahi

Saya bagi gaji karyawan ini berdasarkan kompetensi secara umum ya

Pekerja Kasar

yang termasuk pekerja kasar di online shop adalah orang yang kerjanya packing, angkut angkut barang, kirim kirim barang, transpor barang, dlsb. Yang intinya tidak dibutuhkan skill khusus untuk mengerjakannya. Umumnya kompetensi ini diisi oleh orang lulusan di bawah SMA. Gajinya berkisar antara 1.5 s/d 2jt rupiah / bulan

Admin & Customer Service

Segala hal yang berurusan dengan komputer, pencatatan, menghadap pelanggan, customer service, pembukuan tapi tidak mengharuskan "berpikir keras", dalam artian si orangnya hanya tinggal mengikuti instruksi saja tergolong dalam Admin & Customer Service. Biasanya orang yang menempati posisi ini adalah lulusan SMA atau SMK, gajinya berkisar antara 1.9 s/d 2.4jt rupiah / bulan

Conten Creator / Creative

Ini sebenarnya kurang lebih sama dengan Admin & Customer Service, karena tugasnya mengoperatori Instagram, Canva, Adobe Photoshop, dlsb. Sebenarnya ini bukanlah skill yang mudah, tapi karena banyak sekali orang yang belajar otodidiak software software tersebut dan tidak memiliki pendidikan formal yang baik, maka "harga" pekerjaan ini jadi relatif lebih murah.

Saya pernah memperkerjakan orang yang tidak lulus SMA, tapi jago sekali dalam Photoshop, dan saya bayar dia dengan harga murah. Hehe.. Tapi itu sudah patut kok dia dapat.

Gaji conten creator / creative online shop itu berkisar antara 1.9 s/d 2.5jt rupiah / bulan

Supervisor

nah dari 3 kompetensi umum di atas, tentu perlu suprvisor, perlu ada yang ngawasi, perlu ada yang memberikan arahan dalam bekerja, itulah level supervisor. Level supervisor ini umumnya S1, karena membutuhkan skill analisis yang tidak didapatkan orang lulusan SMA, tapi bisa juga diisi oleh siapa saja dengan pengalaman yang cukup di bidangnya.

Gaji untuk supervisor di perusahaan online shop Bandung - Cimahi itu berkisar antara 2.7 s/d 3.5jt rupiah / bulan

==

Jujur saja buat saya pribadi, dan mungkin semua pemilik UMKM online shop di Bandung dan Cimahi, memiliki pegawai dengan gaji UMR itu berat sekali. UMR atau UMK Bandung itu nyaris 3jt, untuk membayar level pekerja kasar, admin, CS, conten creator dengan nominal segitu sungguh berat. Apalagi dunia online shop sekarang main banting bantingan harga.

Semoga bermanfaat

3 komentar:

  1. kak saya kerja di online shope bandung ,dan tugas saya balas chat sama costumerservis ,nge feed juga sama edit poto produk , saya sudah kerja 4 tahu disni tapi upah bulanan saya cuma 1.300/bulan . nama toko tempat saya bekerja TOKOMILKAN .akun shopeenya zahrasydl,tokomilkan,sama kalilaonlineshop , toko tempat saya bekerja udah besar kak dan udah jadi CV . saya dan temn saya mau koplan sama bos saya tkut kk , saya cuma mau curhat kalau bisa komeen saya ini sampai ke bos saya kak semoga di baca ,, saya mewakili tmn saya juga jumlah kariwan 40 orang dan 12 admin

    BalasHapus
  2. jam kerja saya 8 pagi sampai jam 8 malam
    makan 2x . kerja di kaka lebih enak dan produktif kak ..
    dan tekanan kariwan dari atasan sangat berat kak disini ,
    kaka dan semua orang harus tahu toko online di tempat saya besar kak no 1 sebandung tapi kariwanannya kasian gaji kecil dan tekanan dari atasan sangat berat banyak kariawan yg keluar masuk ikarenakan itu dia tadi kak ,
    tokonya tokomilkan , punya 6 akun shopee dan 5 akun lazada dan sudah memiliki folowers 500ribu dan penghasilan per hari sudah mencapai puluhan jutan malahan lebih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh... jam kerja dari Senin - Sabtu kang?

      kalau dapet makan 2x, katakanlah per makan = 20rb.. berarti 1 bulan = 2 x 20rb x 25 = 1jt

      jadi pendapatannya kurang lebih menjadi 1.3+1 = 2.3 jt..

      jadi mungkin seperti sama aja kang

      Hapus