My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Semua Serba Bingung

Saya heran sama orang yang mencemooh keputusan pemerintah soal pandemik Covid-19 ini. Semua orang serba bingung, pandemik ini terjadi mendadak di kala sektor bisnis fokus menghadapi lebaran 2020.

Presiden bingung, gubernur bingung, walikota bingung, ustad juga bingung, guru guru bingung. Terus sekonyong konyong anda yang muncul dari antah berantah mencemooh keputusan yang dilakukan oleh pemerintah? tolong lah dimaklumi, mereka semua itu pada bingung. Mereka semua belum pernah di posisi ini sebelumnya.

Jadi saran saya janganlah kritik yang tidak membangun, kritik membangun yang demi kebaikan bersama.

Lalu jangan juga lah mencemooh orang yang ga WFH atau tetep di luar rumah. Ada banyak faktor yang menyebabkan itu,  dan saya yakin anda ga faham apa alasan mereka tidak mematuhi pemerintah dengan tidak WFH.

Tidak semua orang bisa WFH, tidak semua orang sepintar anda yang bisa kerja dari rumah, dan tidak semua orang bergelut di dunia digital seperti anda. Anda makan nasi, nasinya dari mana? dari orang yang ga WFH! jadi tolonglah maklumi bahwa ada orang yang memang tidak bisa WFH.

Tapi kalau untuk yang nongkrong nongkrong ga jelas, itu saya juga ga suka. Karena saya masih melihat di sekitaran tempat tinggal saya (Cimahi) ada kumpulan pemuda pemuda nongkrong depan warung, mabar Mobile Legend apa ya? nah kalau ini patut dicemooh, karena ini sama sekali tidak mendesak.

Dilematis Pandemik Covid-19 ini adalah antara kesehatan dan krisis ekonomi. Saya pribadi jujur saja lebih memihak ekonomi, dan menjalankan protokol kesehatan standar. Pemerintah kita ga punya uang, kalau kondisi ini terus berlanjut, bisa bisa gaji PNS dipangkas, kalau gaji PNS dipangkas artinya daya beli masyarakat menurun! daya beli menurun, pedagang kecil kasian, harus jual murah, bahkan jual rugi. Efeknya ke sekotr non formal, yang tidak ada datanya! sekotr non formal ini hanya bisa kita rasakan, tapi kita ga bisa deteksi.

Tukang gorengan pinggir sekolah adalah yang mengalami impak langsung dari situasi ini, anda tahu ini ada. Tapi berapa banyak? siapa saja? orang gatau..

Jadi kesimpulan dari saya, cukup lah cemooh pemerintah.. Bagi yang bisa WFH tolong WFH, bagi yang tidak bisa ya tidak mengapa. Jangan menganggap semua orang harus wajib WFH ya.. Virus ini ga mungkin hilang, 1 1 nya solusi adalah ketemu vaksin nya.

0 Response to "Semua Serba Bingung"

Posting Komentar