My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: Para Panglima Islam Penakluk Dunia - Muhammad Ali

Ini adalah buku ke sekian, mungkin belasan, tentang sejarah Islam yang saya baca. Dan buku (kalau ga salah) buku ke 5 terbitan Ummul Qura yang saya baca. Melihat track record bacaan buku saya ternyata memang saya itu suka dengan sejarah. Karena saya tidak suka baca novel, dan semua orang suka sekali dengan cerita, maka saya berkesimpulan demikian.

Buku Sejarah Islam Para Panglima Islam Penakluk Dunia
Buku Sejarah Islam Para Panglima Islam Penakluk Dunia


Buku Ummul Qura ini bagus bagus, khususnya yang sejarah sejarah islam semuanya adalah buku terjemahan, dan terjemahannya cukup enak dibaca, cukup nyaman dimengerti. Padahal dari bahasa arab yang merupakan bahasa "ter-kaya", sedangkan ada buku bahasa Inggris yang terjemahannya jelek banget dan sangat tidak enak dibaca, baca: Review Buku: Unbranding - Scott & Alison Stratten

Saya tidak akan bahas konteks bukunya secara detil di sini, karena artinya nyeritain ulang dong? hehe..

Secara fisik buku. bukunya hard cover, kertas putih tebal HVS, ukurannya antara A4 dan A5, mungkin namanya B5 kali ya. Spasi juga pas, jadi saya cukup nyaman membaca buku ini

Seperti judulnya, buku ini menceritakan beberapa panglima perang di dunia Islam. Total ada 20 panglima perang. Dan dari kesemuanya tidak ada dari kalangan sahabat. Jadi saya tidak menemukan Khalid bin Walid di buku ini.

Yang membuat bingung adalah alur cerita ini dibagi berdasarkan tokohnya. Jadi kadang overlap latar waktu dan tempat dengan bab yang lain. Ditambah lagi ini tidak diurutkan berdasarkan dari yang tertua, tapi lebih ke acak. Jadi secara general alur cerita dari buku ini "ngaclok-ngaclok", tapi secara per-bab alur ceritanya enak untuk dibaca.

Dari buku ini semakin terbayang oleh saya masa keemasan Islam yang terbentang dari Spanyol, Maroko, sampai ke India. Lebih tergugah lagi untuk mencari cari cerita tentang Andalusia, bahkan sebagai "supllemen" dari buku ini saya Googling tentang Andalusia ngabisin waktu 2 jam lebih sendiri. Dan luar biasanya sekarang Spanyol hampir hilang nuansa ke-isalam-nya, padahal ber-abad-abad jadi negara islam.

Dari semua panglima ini adalah panglima islam yang soleh soleh, yang ngerti Al Quran, yang rajin beribadah. Itulah kenapa panglima paling fenomenal di negara Islam yaitu Timurlank ga dimasukin ke buku ini. Karena setau saya Timurlank itu sebenernya adalah orang mongol yang masuk islam, dan ke-islam-annya tidak terlalu bagus. Ini perlu diaji lebih lanjut, jangan langsung percaya ya. hehe

Panglima yang paling berkesan tentu saja Muhammad Al-Fatih, sang penakluk Konstantinopel, yang sampai sekarang masih jadi negara Islam, Turki. Ya meskipun Turki ga islami islami banget sih, tapi tetep saja Konstantinopel (sekarang Instanbul) adalah lambang kejayaan abad pertengahan, dan sekarang ada di tangan umat islam.

Semua cerita perang ini soal jajah menjajah, dimana sudah tidak relevan lagi di jaman sekarang dalam penjajahan geografis. Sebagai contoh kalau ada suatu negara yang bisa menduduki Sillicon Valley Amerika, apakah akan memiliki Google Facebook Microsoft? oh tentu tidak, karena aset mereka skg adalah aset digital. Servernya pun ada di banyak belahan dunia, seandaikan Sillicon Valley hancur lebur pun, Google Facebook dan Microsoft hanya akan terganggu beberapa saat saja.

peta penaklukan negara Islam
peta penaklukan negara Islam


Oya buku ini dapet bonus peta penakukkan negara Islam, keren juga bisa jadi pajangan di kantor rumah. Jadi teringat dulu beli majalah Bola untuk dapetin poster pemain bola idola.

0 Response to "Review Buku: Para Panglima Islam Penakluk Dunia - Muhammad Ali"

Posting Komentar