My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: Mukaddimah - Ibnu Khaldun

Buku Mukaddimah - Ibnu Khaldun
Buku Mukaddimah - Ibnu Khaldun


Ini adalah buku terberat tahun 2020 sejauh ini yang saya baca. Sebenernya buku ini udah lama ada di "radar" saya, tapi baru sekitar beberapa bulan lalu temen nge-mention buku ini, jadinya saya teringat lagi, dan sorenya langsung beli ni buku.

jumlah halaman buku Mukaddimah - Ibnu Khaldun
jumlah halaman buku Mukaddimah - Ibnu Khaldun


Buku ini beneran berat, serius. Halamannya aja sampai ±1000 halaman, apalagi isinya susah sekali untuk dicerna. Terjemahan bahasa arab memang susah untuk dicerna buat orang awam, Al Quran aja yang udah diterjemahin dan disempurnakan terus menerus masih kadang bingung kita membaca arti-nya. Apalagi ini buku yang dibuat oleh manusia.

Belum lagi soal penyebutan nama, baik nama orang, nama geografi, nama tempat, nama waktu, dlsb.. Ngejelimet dan sampai bikin saya bingung, karena banyak yang saya ga tau! padahal saya sudah mebaca kurang lebih 10 buku sejarah Islam, mulai dari sirah Nabi sampai sahabat. Tapi masih aja ada nama nama yang saya ga hafal.

Ok soal nama orang, untuk orang awam pasti tau lah ya Abu Bakar RA, Umar RA, Usman RA, Ali RA? yang udah pernah baca buku sejarah Islam setidaknya tau Muawiyah RA, Muawiyah II, Zainal Abidin, Umar bin Abdul Aziz, Khalid bin Walid RA, dst dst.. di Buku Mukaddimah ini banyak mention nama nama yang ga umum, tapi sebenernya penting.

Soal geografi, ini fatal kalau ga ngerti geografi tapi baca buku ini. Jujur, istri saya aja masih bingung nentuin Utara Timur Selatan Barat, masih bingung di mana Yaman, masih ga tau Madinah itu sebelah mananya Makkah, dst dst.. Kalau anda seperti itu, ga usah deh baca buku ini. Dari sini lah saya semakin merasa belajar geografi dasar itu penting, setidaknya tau tata letak dunia secara umum. Saya pun kadang penasaran dengan letak suatu kota, langsung saya search di GMaps, jadi terbayang: "ohhh disitu toh tempatnya..."

Saya jadi khawatir generasi zaman now yang hanya mempercayakan 100% ke Driving nya Google Maps, jangan jangan mereka gatau lagi Jakarta itu sebelah mananya Bandung? duhh fatal ini

kerapatan kata buku Mukaddimah - Ibnu Khaldun
kerapatan kata buku Mukaddimah - Ibnu Khaldun


Buku ini ngebuat saya sakit beneran, gara gara pusing mikirin, "duh kok ga ngerti ngerti". Target baca buku saya adalah 100 halaman per hari, buku ini tulisannya rapat rapat dan halamnnya gede, bikin saya males bacanya. Jadi sekitar 11 hari saya memaksakan diri untuk membaca buku ini meski ga ngerti. Alhasil sy drop dan sakit 1 hari.. Ini beneran loh.

Dari segi konten ga banyak yang bisa saya share, karena jujur aja banyak LUPA-nya hehe... Saya takjub buku yang dibuat oleh manusia tahun 1300-an masih banyak relevannya dengan kehidupan sekarang.

Dan lebih takjub lagi, buku ini sebenernya buku pendahuluan dari buku utamanya. Judulnya aja Mukaddimah (pendahuluan), tapi yang terkenal malah buku yang ini bukan buku utamanya.

Secara umum, banyak kata kata di buku ini yang sepertinya disadur oleh Ustad Ustad di Youtube, khususnya mengenai Syiah, Beberapa sejarah nabi, klasifikasi ilmu, dst.. Dengan demikian ini memverifikasi buku ini bagus dan dapat dipercaya.

Ok saya simpulkan, jika anda adalah "newbie" dalam hal sejarah Islam / dunia Islam, ga usah mimpi baca buku ini, percuma buang buang waktu, mending baca Quran atau dengerin ceramah di Youtube.. Sepertinya buku ini cocok untuk Ustad-ustad, Lc, dan akademisi. Saya berniat baca buku ini lagi kalau ilmu udah nambah, mungkin 2-3 taun kedpan akan saya baca lagi.

Ya sekian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Review Buku: Mukaddimah - Ibnu Khaldun"

Posting Komentar