My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Puasa tetep produktif?

5 tahun lalu ketika saya bekerja di konstruksi (baca: Suka Duka Bekerja di Malaysia), saya menjalani puasa lagi kerja. Pekerjaan saya itu jadi Project Engineer, ngawasin kerjaan tukang bangunan. Kerja di pantai, panas, butuh tenaga fisik. Tapi saya tetep produktif tuh.. Yang masalah cuma kantuk nya aja yang luar biasa berat. Tapi untuk pekerjaan biasa biasa aja, justru lebih produktif karena ga harus ke luar lingkungan proyek untuk makan (lokasi makan itu harus naik mobil ±3 km).

Sekarang kerjaan saya cuma depan komputer. Dan ini lagi bulan puasa, ini malah jauh lebih produktif ketimbang bukan bulan puasa. Alasannya sama: ga repot mikirin makan apa, bisa fokus kerja. Cuman yang jadi masalah juga sama, yaitu kantuk.

Puasa itu emang beneran bikin ngantuk, secara ilmiah saya ga tau alasannya. Tapi kalau dibilang laper dibilang ga fokus, ga juga kok, cobain aja kerja yang "seru" pasti lupa makan. Kalau kerja udah kurang "seru" baru kerasa lagi tuh lapernya. Harusnya sih fokus berbanding terbalik dengan ngantuk, tapi entah kenapa kok saya masih ngantuk aja ya?

Singkat cerita saya nemuin tips bagus. yaitu wudhu sering sering! jadi kalau ngantuk, langsung ambil air wudhu, kalau masih waktu dhuha solat dhuha deh. Ngantuk lagi? ya wudhu lagi.. Ini cuma menunda ngantuk aja sebenernya, nanti pas siang hari jam istirahat, manfaatkan betul waktu tersebut untuk tidur! hehe.. tidur 45 menit udah seger banget kok untuk lanjut kerja lagi.

Jadi kesimpulan saya, puasa itu sebenarnya membuat kita lebih produktif dalam bekerja, kalau untuk saya pribadi, kendalanya hanya kantuk saja.

0 Response to "Puasa tetep produktif?"

Posting Komentar