My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Bisnis Online Wajib Ngerti HTML

Buat anda yang mau bisnis online, ngerti HTML itu penting banget nget nget nget....

Apa itu HTML?

Kepanjangannya adalah Hypertext Markup Language, secara bebas saya terjemahkan adalah bahasa untuk membuat website. Terkesan seperti bahasa pemrograman, tapi katanya bukan. Simplenya gini, HTML ini membuat tata letak website anda jadi sesuai yang anda inginkan tapi melalui ketikan, bukan klik. Kalau di Microsoft Word kan kalau mau buat tabel, atau mau ganti layout, ganti ukuran kertas, kita pakai mouse kita. Nah kalau HTML, itu pakai kode kode ketikan.

ilustrasi HTML
ilustrasi HTML


Kenapa penting untuk jualan online?

Meski sekarang kita udah dimudahkan banget ya dengan adanya Marketplace yang bisa upload produk tinggal klik-klik-klik doang, tapi tetep saja, punya website sendiri itu penting sekali.. Bisnis saya membuktikan traffic yang dateng ke website saya itu lebih berkualitas dibanding yang datang ke link marketplace saya.

Maksud berkualitas adalah, jika ada 1000 orang mengunjungi website Bajuyuli dan 1000 orang juga mengunjungi Toko Bajuyuli di Shopee, jumlah orang yang beli di website Bajuyuli melebih yang beli di Shopee. Kurang lebih seperti itu.

Untuk buat website anda bisa saja menyewa orang, atau beli ke orang. Biaya bikin website standar untuk bisa jualan online itu paling 1-3 jutaan. Sampai step ini anda tidak perlu merasa penting ngerti HTML. Tapi kalau website anda sudah LIVE, disnilah penting anda ngerti HTML. karena website anda itu harus diurus, harus dirawat, terkadang ada masalah ini masalah itu, pasti terjadi. Kalau setiap permasalahan di website lalu anda menghubungi yang membuat website anda, ini mahal sekali! karena mereka akan men-charge biaya per kasus kejadian.

Atau mungkin anda mau memperkerjakan website developer sendiri? itu boleh saja, asal ada uangnya. Kalau bisnis baru muali gimana?

Makannya kalau ada masalah masalah di website anda, baiknya anda sendiri yang turun tangan. Saya pun masih seperti itu kok. Karyawan saya sekitar 30 orang, ga ada yang ngerti website. Cuma saya doang yang bisa ngulik2 si HTML website kami. Dan ini ga susah, karena masalah si website pun tidak datang setiap hari, paling sebulan sekali. Belum lagi masalah yang dihadapi biasanya masalah minor (bukan perubahan besar), nah kalau msalah major (perubahan besar) saya pasti akan kontak web developer.

Saya tekankan lagi, jika anda bisa troubleshooting website anda sendiri, penghematannya gede banget! serius!

Oya banyak jua yang nyerah ga mau ngerti soal HTML ini, dan ga mau bayar mahal untuk merawat website, ujung ujungnya malah websitenya ga diurus. ini juga salah besar ya teman.. Baca lagi di atas, bahwa trafik ke website itu penting sekali!

Sabar belajar

Maksud saya wajib ngerti HTML itu ga perlu jadi expert kok. Cukup yang basic basic aja. Saya sendiri kalau disuruh bikin website, saya ga akan sanggup. Tapi kalau ada masalah dengan suatu website, saya berani bilang sanggup ngebenerinnya. Kenapa? karena untuk troubleshooting website itu gampang banget, anda tinggal masuk ke Chrome, lalu masuk ke website apapun itu, dan klik kanan klik Inspect. Di situ kita bsia lacak bagian web yang mana yang kodenya apa, jadi bisa dipersempit, cari masalahnya, tinggal googling deh hasilnya.

Belajar otodidak aja, yang sabar. Ga ada yang instan. Dan jangan berharap website anda menjadi super banyak yang mengunjungi. Sepengalaman saya, jika anda nulis blog/bikin website hari ini, baru minimal 3 bulan kedepan orang bisa menemukan website kita melalui Google. Itupun kalau bagus kontennya.

Jadi sekali lagi yang sabar, kalau mau buat sendiri, bikin website apa adanya sesuai kemampuan. Lambat laun anda ubah terus menjadi lebih baik. Targeting aja, misal: "pokoknya tiap hari harus ada perubahan yang lebih baik dari website saya, yes!"

Ngulik

Semua saran saya di atas akan sangat pecuma kalau anda tidak suka ngulik. Menurut saya semua solusi masalah per-website-an itu sudah ada di internet. Tinggal Googling dan praktekkan! yang berhasil ambil, yang ga berhasil buang! gitu aja simple. Ini membutuhkan rasa "ngulik" yang tinggi

==

Ya sekian, mudah-mudahan bermanfaat


0 Response to "Bisnis Online Wajib Ngerti HTML"

Posting Komentar