My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Menulis Sebelum Memulai

Saya ada tips bagus, dan baru saya jalankan kurang lebih seminggu ke belakang. Yaitu NULIS sebelum mulai kerja, nulis di atas kertas putih kosong ya jangan di HP. Tuangkan seluruh yang ada di otak anda sebelum mulai kerja, mau pekerjaan hari ini, masalah keluarga, masalah pribadi, masalah kantor, dan lain lain. pokoknya semuanya!

contoh mindmap sebelum mulai bekerja
contoh mindmap sebelum mulai bekerja

Formatnya yang saya sarankan adalah mindmap alias gambar, jangan menulis dalam bentuk narasi.

Apa sih gunanya? ternyata menurut teori (dan saya sudah membuktikannya), dengan menulis apa yang kita pikirkan ini membantu kita menguraikan masalah masalah yang ada, sehingga kita secara tidak sadar bisa bekerja lebih produktif.

Cuman anehnya setidaknya 2 orang yang saya kasih tau soal tips ini menganggap remeh, dengan alasan: ah saya kan tau apa yang harus dikerjakan, saya kan sibuk terlalu banyak yang dikerjakan, dan lain sebagainya.. ini mah mereka ga mau aja keluar dari zona nyaman untuk improve produktivitas mereka. Serius ini saya coba berhasil banget kok.

Jadi sebelum anda buka komputer atau laptop, sediakan dulu kertas, dan "hajar" kertas itu dengan tulisa tulisan/ sketsa sketsa yang ada di dalam otak anda. Ingat harus disiplin! sebelum mulai pegang komputer/laptop! karena saya sudah nyoba kalau saya coba kerjain dulu deh kerjaan yang mendesak dan gampang baru nulis, alhasil sampai siang hari saya ga jadi nulis nulis, dan produktivitas tidak sebaik kalau saya tulis dulu di kertas.

Tapi sebenernya saya sudah biasa menulis mindmap dari jaman kuliah, hanya saja bukan rutin, tapi hanya ketika ada ide baru atau ada to do list besar yang harus saya kerjakan dalam jangka panjang. Menulis mindmap reguler setiap hari begini baru saya cobain. Mungkin 2 orang yang tadi saya sarankan belum terbiasa kali ya dengan menulis mindmap, jadi mereka ga percaya dengan tips saya ini. yasudahlah.

Oya, kalau saya sih punya sensasi tersendiri ketika "mencoret" to do list yang ada di kertas, rasanya tuh puas. apalagi kalau di akhir hari, semua to do list kita sudah dicoret oleh pulpen, wohhhhh,, ini mantap loh.

0 Response to "Menulis Sebelum Memulai"

Posting Komentar