My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Haruskah Ngasih ke Pak Ogah?

Fenomena pak Ogah ini unik sekali, kayanya hanya ada di kota besar di Indonesia. Waktu saya dinas ke kota2 kecil di Kalimantan ga nemu, waktu ke KL Malaysia juga ga ada, waktu ke Saudi jg ga ada. ada yang pernah nemu pak Ogah selain di Indonesia?

Rumah orang tua saya di Antabaru Bandung, masuknya dari Jl Kiara Condong dari Gang Jl SMP 18 Bandung. waktu sy kuliah kira2 10 tahun lalu ada pak Ogah anak SD, pakai seragam SD. Dan sekarang orangnya masih sama! udah ga pake seragam SD, maka saya simpulkan orang ini FULL TIME jadi pak Ogah, atau polisi cepek! bayangkan usianya mungkin masih belasan, dan sudah 10 tahun jadi pak Ogah!

Anak ini bisa hidup dari penghasilannya jadi pak Ogah! terlepas apakah dia masih ditopang oleh orangtuanya atau tidak. Dan saya juga gatau dia putus sekolah atau tidak. Yang jelas pak Ogah ini jadi profesi utama dia, tanpa jenjang karir, tidak perlu "pakai" otak.

Sedih sekali sih, praduga saya anak ini putus sekolah. Jadi pendidikannya itu ya segitu segitu aja. Kenapa bisa gini? faktor ekonomi? ini klise, karena banyak sekali beasiswa bertebaran. Hipotesa saya anak ini karena sudah kenal uang dari penghasilan pak Ogahnya, makannya jadi MALAS untuk bekerja.

Maka, apakah kita harus ngasih duit ke pak Ogah?

Kalau saya pribadi, hanya akan ngasih jika pak Ogah ini benar benar membantu, misalkan di jalanan yang sangat padat dan ramai, atau di tikungan2 yang baru pertama kali saya lewati dan sulit. Selebihnya jika saya bisa handle sendiri tikungan tersebut ya saya ga ngasih duit.

Memang uangnya ga seberapa sih, paling juga gopek, atau seribu perak. Tapi ini ngebuat orang yang berprofesi jadi pak Ogah tidak terdidik. Orang ini akan merasa, "kerja kaya gini aja saya bisa hidup kok, ngapain cari yang lain?". Pikirkan jangka panjangnya, jangan nominalnya.

Selain tidak mendidik si Pak Ogah, kalau kita sering ngasih ke pak Ogah, pak Ogah akan terus ada, dan kita jadi tidak mendidik para pengguna jalan di Indonesia jadi lebih dewasa! kenapa? karena mereka tidak akan berhenti kalau tidak ada pak Ogah, pengemudi jalan jadi semakin malas untuk mengalah. Bukankah ini buruk? Padahal kalau saling mengalah mungkin bisa mengurangi kemacetan di negeri ini mseki dengan angka yang tidak signifikan.

Kalau dari sudut pandang si pak Ogah pasti mereka berpikir: "saya juga ga mau seperti ini, ini terpaksa!" ini juga salah. kalau kita ga ngasih duit, mereka tidak akan terus menerus jadi pak Ogah, dan muter otaknya untuk mencari profesi lain.

Yuk mulai skg ga perlu lagi lah asal ngasih ke pak Ogah, cukup ketika yang sulit2 saja. Pikirkan jangka panjang untuk bangsa ini, jangan ikut dalam sistem yang membuat masyarakat kecil jadi tambah kecil, masyarakat yang malas jadi tambah malas.

Menurut saya ini juga berlaku ke pengemis. Makannya sebenernya ada pertauran pemerintah yang melarang kita ngaish ke pengemis, tapi entah kenapa ga pernah tuh saya dengar ada tilang pengendara mobil/motor gara2 ngasih ke pengemis.

Wallahualam


0 Response to "Haruskah Ngasih ke Pak Ogah?"

Posting Komentar