My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Beli Mobil Cash Tanpa Credit

Alhamdulillah saya sudah pernah 2x punya mobil pribadi, dan keduanya saya beli dengan cash!

mobil Mitsubishi Xpander Ultimate beli dengan cash (alhamdulillah)
mobil Mitsubishi Xpander Ultimate beli dengan cash (alhamdulillah)


Di usia 27 saya beli mobil Daihatsu Gran Max seharga 105jt (second) dengan cash. Alasan beli mobil ini karena waktu itu saya sendiri masih sering beli kain, jadi ini kebutuhan bisnis. Namun makin ke sini udah pernah lagi beli kain pakai mobil sendiri, karena ternyata lebih efisien menggunakan GOBOX.

Di usia 29 saya ganti mobil ke Mitsubishi Xpander Ultimate, seharga 237jt (baru) beli dengan cash. alasan ganti mobil, karena wkt itu anak saya mau 2, dan istri kesulitan jika menggunakan mobil dengan gigi manual. Jadi jatuhlah pilihan ke Xpander ini. pas nulis post ini saya berusia 30 tahun, jadi mobil ini baru 1 taunan.

Pertimbangan utama saya beli cash adalah faktor agama, yang melarang riba, ini ga akan saya bahas di sini. Lalu faktor selanjutnya, ya karena saya punya uangnya! he he.. Mobil pertama hasil nabung saya bekerja di luar negeri (baca: Suka Duka Bekerja di Malaysia), mobil kedua karena alhamdulillah bisnis saya lumayan sukes.

Orang bilang kalau sebagai pegawai ga akan bisa punya mobil dengan cash, ah ga juga kok. Banyak yang kerja ke orang di usia saya, gajinya udah cukup beli mobil secara cash. Jadi soal punya mobil beli dengan cash tunai pekerja atau pebisnis tidak akan saya bahas juga di sini.

yang saya mau bahas adalah kelebihan kalau beli mobil dengan cash:

Tiap bulan tidak dikejar cicilan

Nah ini yang kerasa banget. Saya sering "memergoki" orang membayar cicilan motor/mobil ke Alfamart/Indomaret, saya membayangkan bagaimana memisahkan pengeluaran khusus untuk bayar cicilan kendaraan bermotor. Jadi gaji kita udah "kesunat" duluan, dan kemungkinan besar merasa terkejar kejar si hutang ini. Jadi beli cash itu hidup lebih nikmat. ya iya lah. hehe

Tenang kalau mobil kegores

Jujur saja, saya ga begitu risau kalau mobil saya kegores. Mau salah saya, mau salah orang lain, kegores ya kegores aja. Jadi tidak ada perasaan menyayangkan kondisi mobil, karena sepenuhnya mobil ini milik saya, bukan milik bank atau leasing.

Beli cash kemungkinan besar tidak ada asuransi, baik asuransi kehilangan kecelakaan atau kerusakan. Tapi justru beli cash jadi lebih tenang, karena ya ini mobil sepenuhnya punya saya. Saya bertanggung jawab penuh justru membuat saya lebih tenang. Duh susah mengungkapkannya.

Bersyukur

Saya jadi lebih bersyukur karena punya cash. Bersyukur ini membuat saya tidak ada "nafsu" untuk ganti mobil menjadi yang lebih baik. Saya sering sih mendengar ada orang yang tiap taun ganti mobil dan nyicil. Karena nyicil itu memang mudah! mobil ganti, cicilan tidak bertambah, mungkin hanya durasi waktinya saja yang bertambah.

Jadi karena kemudahan itu mungkin orang2 yang nyicil lebih bernafsu upgrade mobilnya jadi yang lebih keren, lebih baik, atau lebih mewah. Wallahualam.

==

Semoga bermanfaat

0 Response to "Beli Mobil Cash Tanpa Credit"

Posting Komentar