My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Musik itu haram (?)

Musik itu haram (?), saya ga akan membahas detil perihal agama dan dalil dalil yang mendukung ya. Cuman yang jelas, ada ustad yang MENGHARAMKAN dan ada yang MEMBOLEHKAN, tidak ada yang MEWAJIBKAN.

musik itu haram (?)
musik itu haram (?)


Dulu saya penikmat musik banget, mulai dari Creed, Noah, Iwan Fals, Blur, dan masih banyak lagi. Bahkan saya sampai punya kaosnya! ngebelabelain beli kaos idola saya tersebut, tapi ini dulu ya..

Nah karena saya tau ada ustad yang mengharamkan dan ada ustad yang membolehkan, saya jadi ragu akan musik ini, dan bagi saya ini adalah hal yang SYUBHAT. Maka mulai kurang lebih setahun lalu saya coba untuk tidak mendengarkan musik dengan "sengaja", alhasil: hidup saya lebih produktif! serius..

kenapa lebih produktif:

Bekerja lebih fokus


Dulu waktu kerja sambil dengerin musik, mulut ini sambil berdendang. Atau setidaknya, kaki goyang goyang. Sekarang kerja lebih fokus, karena energi tidak terbuang sia sia. Dan saya bisa berpikir dengan jernih tanpa harus me-lafal-kan lirik lagi si musik. Enak banget kan? silahkan coba sendiri kalau ga percaya, ini jauh lebih produktif.

Ga ribet buka aplikasi musik

Ini teknis sih, dulu waktu kerja aplikasi yang pertama dibuka adalah Winamp (skg udah ga ada). Ngebuka aplikasi itu dan milih lagu mungkin butuh waktu 5 menit per hari, coba bayangkan kalau 10 tahun saja kebiasaan ini terus berulang, berapa menit yang terbuang sia sia? 5 x 10 x 365 = 18250 menit = 5 jam. ya lumayan lah 5 jam ini mending dipaket hal lain kan daripada hanya buka-buka musik?

belum lagi kalau ditambah kita penasaran sama lagu lain dari sang idola, pasti buka Youtube tuh dan mulai searching, tambah mubazir deh waktunya.

memori otak tidak sia sia

Ini pasti banyak yang ga sadar. Lirik lagi itu dengan mudahnya masuk ke otak kita, dan lama kelamaan kita jadi hafal! padahal kita ga mau ngapalin! kan sayang banget memori otak kita, mending dipake ngapalin Qur'an atau ngapalin rumus.

====

meskipun udah berhenti dengerin musik secara aktif, masih saja kalau tidak sengaja mendengar musik favorit, saya ikut berdendang, dan bahkan MASIH HAPAL liriknya! luar biasa memang kemelekatan musik ini. Dari dulu saya tidak ada niat untuk menghapalkan lirik lirik lagu favorit saya, tapi karena terus menerus masuk otak, jadinya hapal juga! Bahkan ini ketika nulis post ini, saya duduk di Cafe Transit Coffe, dan memutarkan lagi Muse - Knight of Cydonia.. dan saya masih hapal judul lagunya!! gila!

Jadi... lebih baik ngapalin quran deh daripada dengerin musik. Dan seharusnya kalau ini bisa disamakan, kalau kita dengerin Al-Quran terus menerus, insya ALlah bisa hapal dengan sendirinya.

0 Response to "Musik itu haram (?)"

Posting Komentar