Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kemana PT POS? Review Jasa Pengiriman Kurir

11 tahun berjualan online, saya mengamati perkembangan industri jasa pengiriman atau kurir. Yang mengherankan adalah PT POS Indonesia, ga pernah menjadi pilihan utama saya maupun pelanggan saya. Padahal PT POS adalah yang terlama, memiliki armada di setiap daerah, dan DATABASE (kode pos) adalah milik mereka!

Duh sedih sekali BUMN ini. Dunia pengiriman lagi gila gila nya, malah ga bisa perform bagus di industri. Yang saya tahu, belakangan PT POS malah ekspansi ke pembayaran-pembayaran online gitu.. Ini pertarungannya lebih sengit lagi, karena bertarung dengan bank dan fintech.

Sekarang bermunculan banyak sekali jasa pengiriman baru, akankah PT Pos bisa compete dengan mereka? berikut review saya terhadap jasa-jasa pengiriman yang ada saat ini

PT POS

kalau ga ada inovasi tinggal tunggu waktu aja PT POS hancur di sektor ritel (atau sudah hancur?). Mungkin mereka masih bisa menang di pengiriman luar negeri, karena memang ini opsi termurah melalui produk EMS milik mereka. Yang paling saya tidak suka dari PT POS adalah jam kerja mereka! setau saya mereka jam 3 itu udah tutup! tipikal BUMN dan PNS. Jelas ga bisa memenuhi pasar online yang 24 jam seperti sekarang.

JNE

Bagi saya, JNE masih yang terbaik. Meskipun banyak sekali service mereka yang lebih jelek dibandingkan jasa pengiriman lain. Kenapa JNE terbaik? karena sistem mereka itu ROBUST alias kuat, jadi kita sebagai pelanggan gak perlu khawatir. Jika ada komplain akan dilayani dengan baik.

Saya pernah kehilangan barang, harganya ga seberapa sih, sudah saya ikhlaskan, eh beberapa bulan kemudian balik lagi. Dengan demikian ini bukti bahwa sistem mereka memang kuat.

TIKI

Ini sy ga tau masih hidup atau ngga. Cuman yang terakhir saya menggunakan jasa pengiriman ini, mereka masih menggunakan TULIS TANGAN untuk conote nya. Alias resinya masih tulis tangan. Dikala kurir-kurir lain sudah integrated online.

Sicepat


Saya akui pengiriman menggunakan Sicepat adalah yang tercepat, bahkan sering sekali paket sampai sebelum 24 jam. Dan enaknya Sicepat adalah cashback yang tinggi yang mereka tawarkan ke pedagang online.

Jeleknya Sicepat adalah mereka hanya melayani pickup, dan pickup ambil paket itu terkadang telat! Padahal kan kami ada jam kerjanya, dengan ini terkadang karyawan saya terpaksa lembur untuk nungguin paket dijemput.

JNT / J&T


Ini jasa pengiriman yang gila-gila-an modalnya. Fitur cashless dan bayar di tempat menurut saya fitur terbaik dari JNT dan yang paling bikin JNE pusing. Yang paling saya suka adalah fiturnya yang sudah kuat terintegrasi dengan Shopee.

Kelemahan JNT menurut saya adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan JNE. Selebihnya saya puas dengan JNT.

AnterAja

Ini kurir yang baru banget, mereka hanya terima pickup. Keunggulan kurir ini hanya karena dia terintegrasi dengan Marketplace. Selebihnya saya kurang suka, tarif ga jelas, pickup selalu telat.

Wahana

Jika anda mau kurir yang tidak terlalu mahal, Wahana adalah pilihan yang terbaik. Namun jangan harap paket anda cepat sampai, jangan harap customer service bagus, jangan harap ongkir yang jelas, dan fitur2 lainnya. Keunggulan Wahana ini hanya murah, tapi tidak semurah Indah Cargo.

Indah Cargo

Ini kurir termurah yang saya pakai, ngirim ke Papua murah. Fitur lainnya? jangan berharap banyak

GoSend & GrabParcel

Nah inilah kurir terbaik sepanjang saya bergelut di online shop.. Pengiriman super cepat, ada asuransi sehingga kita tidak perlu khawatir barang hilang. Namun sayang karena Bajuyuli & Muslimore berada di Cimahi, pasar pengiriman instant tidak terlalu besar. Makannya saya lagi berpikir utk memindahakan gudang ke daerah Jakarta, karena pengiriman GOSEND dan GRABPARCEL di Jakarta itu besar sekali.

0 Response to "Kemana PT POS? Review Jasa Pengiriman Kurir"

Posting Komentar