Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kiritk Untuk Startup Zaman Now

Kalau anda punya proyek dan sedang mencari vendor pasti mikir cari yang termurah dan bagus. Alhasil anda memilih untuk melempar proyek tersebut ke start-up atau ke perusahaan yang baru mulai. Ini beberapa karakter startup yang saya lihat, dan tidak baik untuk menjadi vendor bisnis anda.

1. Berorientasi untuk terkenal bukan memuaskan pelanggan

Ini karakter startup saat ini yang cukup menggelikan buat saya. Rata-rata yang saya lihat startup di lingkungan saya itu mereka beriorintasi untuk pitching atau presentasi sebanyak mungkin, menang lomba, dan terkenal. Mereka seakan akan lupa tentang produk mereka dan bagaimana memuaskan pelanggan.

2. Tidak menyelesaikan pekerjaan

Kalau kualitas hasil pekerjaan di bawah harapan itu standar dan wajar, tapi kalau proyek kita tidak dikerjakan? nah ini saya juga sering lihat, jadi start-up itu berhasil menggaet pelanggan baru, tapi proyeknya tidak dikerjakan! entah apa masalahnya, mungkin terlalu fokus nyari investor. Atau terlalu fokus utk terlihat keren.

3. Tidak Koperatif

Tidak koperatif di sini khususnya saya sematkan dengan perilaku start-up yang slow respon, alias pelanggan tidak dibalas dengan cepat.

4. Buruknya layanan pasca jual

Jika sudah berhasil mengembangkan suatu produk dan pembayaran selesai, seakan akan mereka ga mau terima jika ada komplain. Kan ini buruk sekali, produk tersebut tentu tidak lah sempurna, trus client harus komplain ke siapa? Jadi jika produk yang dihasilkan buruk, dan komplain dilakukan oleh client, poin no 2 dan 3 di atas akan terulang, sehingga balik lagi: client tidak puas.

===

yah itulah sedikit kritikan buat startup zaman now. Itu bukan berarti jelek sih, karena tentu mereka butuh pengalaman, seiring berjalannya waktu 4 poin di atas harusnya bisa teratasi.

Saran saya buat penggiat startup, jangan lupakan faktor OPERATION. OPERATION IS THE BACKBONE OF A BUSINESS

0 Response to "Kiritk Untuk Startup Zaman Now"

Posting Komentar