" " Masalah di HP Xiaomi Mi4s Baru Beli | GAROBLOGZ inline_google_font_css example
Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Masalah di HP Xiaomi Mi4s Baru Beli

Istri saya baru saja membeli HP Xiaomi mi4s secara online di Tokopedia. Setelah barang datang langsung kami buka, dan kami mengalami 2 masalah yang mudah-mudah-an tidak terulang ke orang lain.

1. Jangan buka casing Xiaomi Mi4s

Setelah HP tersebut kita buka, tentu hal pertama yang kita lakukan adalah memasukkan sim card. Tanpa membaca manual dan tanpa googling dulu, kami langsung nyari cara ngebuka tutup casing belakang si Xiaomi Mi4s. Karena kebetulan kuku saya lagi panjang, jadinya dengan mudah saya membuka tutup belakang si Mi4s. Dan ternyata tutup belakangnya itu bukan untuk dibuka!! ada kabel yang ketarik. Untung ga putus. Kalau putus rusak deh HP nya.

Ternyata untuk memasukkan sim card di HP Xiaomi Mi4s itu dengan cara memasukkan jarum ke dalam lubang kecil di pinggir HP. Dan jarumnya sudah tersedia di dalam casing. Untung aja gak sampai rusak ini HP.

lubang untuk memasukkan sim card di Xiaomi Mi4s
lubang untuk memasukkan sim card di Xiaomi Mi4s
pin jarum untuk menusuk lubang sim card Xiaomi mi4s
pin jarum untuk menusuk lubang sim card Xiaomi mi4s


2. Unfortunately Mi Account Has Stopped Work

Setelah berhasil memasukkan sim card, saya nyalakan HP Xiaomi mi4s unutk booting petama kali. Awalnya normal normal aja, pilih opsi opsi yang kita inginkan. Sampai ke halaman terms and conidition tiba tiba gak bisa klik "continue", karena aplikasi Mi Account nya error. Waduh. Coba berulang-ulang, hasilnya tetap sama.

Alhasil kami pun pergi nyari konter HP terdekat, dan baru nemu ketika Adzan Maghrib sudah berkumandang. Nyampe di konter HP, si abangnya malah ngulik ngulik dulu, dikirain bakal tau solusinya, eh ternyata enggak. Karena terlalu lama, ya sudah saya batalin ngebenerin ke konter HP tersebut.

Karena hari sudah gelap dan kami belum shalat Maghrib, akhirnya kami mencari mesjid dulu untuk shalat. Selepas shalat, saya putuskan untuk ngulik sendiri aja masalah Xiaomi Mi4s gagal booting ini. Setelah Googling sana sini, gak nemu juga apa solusinya. Di googling-an saya, kebanyakan kasus Mi Account Has Stopped Work itu ketika HP sudah pernah booting, sedangkan HP istri saya ini belum pernah sama sekali. Wah kesel juga saya dibuatnya.

Adzan Isya berkumandang, saya putuskan untuk shalat Isya dulu deh. Beres shalat Isya saya lanjutin ngulik si HP yang gagal booting ini. Alhasil menemukan tutorial untuk mengganti ROM Xiaomi mi4s distributor ke ROM Global. Yasudah saya ikutin, mungkin masalahnya memang di ROM. eh eh eh, ternyata file yang harus didownload lumayan gede, 750mb-an. Jadi kesel lagi. Karena masalah ga bakal cepet beres.

Sambil dowload, saya iseng iseng nyalain lagi HP baru istri saya tersebut. Kaget saya, alhamdulillah, tiba tiba bisa masuk ke interface MIUI, udah ga keluar lagi Unfortunately Mi Account Has Stopped Work. Alhamdulillah.. sejujurnya saya bingung kenapa tiba tiba bisa jadi bener kaya gitu.

3. Lesson Learned


  1. Selalu baca manual book buku panduan dari setiap barang elektronik yang kita beli, meskipun hanya skimming sepintas
  2. Jangan biarkan hal-hal duniawi, mengganggu kewajiban kita beribadah. Bukankah segala solusi datang dari-Nya?
  3. HP Xiaomi Mi4s sim card nya ada di samping, jangan paksakan membuka tutup casing belakang
  4. Gantilah ROM Xiaomi Mi4s anda dengan ROM Global yang sudah stabil.