" " Tahapan Bekerja di Malaysia | GAROBLOGZ inline_google_font_css example
Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tahapan Bekerja di Malaysia

Lama rasanya tidak nulis lagi, karena saya sedang dalam fase adaptasi di lingkungan baru yang sama sekali baru buat saya.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang proses bekerja di Malaysia sebagai TKI Mandiri Formal. Poin-poin berikut saya sajikan berurutan.

Sebelum lanjutin baca, bagusnya baca dulu apa itu TKI Mandiri, biar gak bingung.

1. Wawancara

Tahap awal tentu adalah wawancara dengan perusahaan yang akan menjadi calon employer kita. Jika tahap ini tidak dilalui terlebih dahulu berarti anda tidak bisa mendapatkan visa kerja, melainkan hanya visa pelancong.


Memang banyak saya dengar ada TKI yang memulai dengan "yang penting datang dulu ke Malaysia, cari kerja belakangan". Saya tidak merekomendasikan ini, ini sangat beresiko.


Maka dari itu carilah pekerjaannya dulu di Indonesia, bisa lewat web perusahaan terkait atau melalui teman.
Setelah wawancara dengan HRD/User anda akan diberitahukan apakah anda keterima atau tidak di perusahaan tersebut. Biasanya memakan waktu 1-2 minggu.

2. Kontrak Kerja

Ini adalah bagian krusial sebelum anda memulai perjalanan mencari nafkah anda di Malaysia. Ketika kontrak kerja sudah disodorkan pada anda, pelajarilah baik-baik, tanyakan secara detail, dan cari perbandingan dengan kontrak orang lain. Cari lah perbandingan standard gaji yang biasanya diterima di Malaysia dengan posisi yang ditawarkan kepada anda.

Dalam fasa ini saya melakukan kesalahan, karena saking senangnya disodorkan kontrak, tanpa membandingkan terlebih dahulu dengan kontrak orang lain, saya langsung menandatangani kontrak tersebut. Ternyata setelah mulai bekerja, ada beberapa poin yang merugikan saya. Diantaranya tidak adanya upah lembur, padahal kerja saya pasti butuh lembur.

3. Medical Check-Up

Proses ini harus dilakukan sebagai syarat untuk mendapatkan visa single-entry (sekali masuk). Medical check-up tidak bisa dilakukan di sembarang klinik, harus dilakukan di klinik yang sudah terafiliasi dengan pemerintah dalam memberangkatkan TKI. Saya tidak tahu pasti klinik klinik mana saja yang sudah terafiliasi, tapi saya waktu itu melakukan medical check-up di Tebet - Jakarta.

Biaya medical check-up antara 250rb s.d. 400rb, ini untuk ke Malaysia. Biaya berbeda beda tergantung negara yang akan dituju.

Hasil medical check-up biasanya selesai dalam waktu 1 minggu. Perlu diperhatikan tanggal kadaluarsa medical check-up anda, jangan sampai anda terlambat mengurus ke tahap berikutnya.

4. Single Entry

Tahap selanjutnya adalah anda harus mengurus sticker single entry Malaysia yang berlaku selama 30 hari. Kebetulan perusahaan saya menyewa orang untuk menguruskan perihal ini, jadi saya kurang tahu mendetail.
Yang jelas, jika anda mengurus sendiri, anda mesti datang ke kedubes Malaysia di Jakarta. Selain itu perusahaan anda mesti mengurus beberapa hal di Malaysia, diantaranya deposit uang sebagai jaminan keberangkatan anda.

proses ini bisa anda cek secara online di:

anda tinggal memasukkan saja nomor passport anda. Tahap ini kira kira memakan waktu 2-3 minggu.

5. KTKLN

Januari 2015 saya mengurus Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN), banyak isu yang mengatakan bahwa KTKLN akan dihapus, jadi mungkin poin ini sudah tidak relevan buat anda.

KTKLN adalah kartu yang diterbitkan oleh pemerintahan Indonesia, jadi tidak ada sangkut pautnya dengan pemerintah Malaysia ataupun dengan perusahaan anda bekerja.

Fungsi dari KTKLN adalah sebagai pendataan akhir sebelum anda bekerja ke luar negeri dan sebagai asuransi. Karena saya sudah punya asuransi dengan perusahaan saya di Malaysia, jadi saya tidak perlu lagi membayar asuransi.

Setelah KTKLN selesai anda siap untuk berangkat ke Malaysia. Pengurusan KTKLN sangat mudah dan tidak dipungut BIAYA (kecuali asuransi dan fotokopi). Memakan waktu setengah hari saja.

6. Sampai Bandara

Karena anda berniat bekerja di Malaysia, sesampai di Bandara tidaklah bisa langsung melenggang kesana kemari. Anda harus menunggu dijemput oleh majikan anda. Jadi sebelum melalui loket imigrasi, anda diharuskan menunggu di suatu ruangan hingga majikan anda menjemput anda. Ketika majikan sudah bertemu dengan anda, majikan akan mengurus administrasi anda masuk ke Malaysia. Proses ini hanya membutuhkan waktu 1 jam saja.

Kala itu saya pertama kali datang ke Malaysia, dan kebingungan, tanya sana sini, muter sana muter sini, akhirnya ketemu juga ruang tunggu majikan. Saran saya, coba tanya kepada petugas yang berbaju loreng-loreng hijau, karena itu adalah petugas khusus pekerja asing (mungkin).

7. Fomema Medical

Sesampai di Malaysia, anda harus melakukan lagi medical check-up, tepatnya di Fomema. Ini diatur oleh pemerintahan Malaysia, pekerja asing harus melalui tahap ini.

Fomema dibutuhkan untuk mendapatkan multiple-entry dan professional pass. Perlu diingat, single entry anda hanya berlaku 30 hari sejak kedatangan anda di Malaysia, dan proses Fomema membutuhkan setidaknya 10 hari, maka dari itu sesampai anda di Malaysia saya sarankan anda langsung meminta untuk Fomema kepada majikan anda.

8. Multiple Entry

Setelah Fomema keluar hasilnya, passport anda mesti dibawa ke imigrasi dan diberikan multiple-entry pass. Setelah mendapatkan ini, anda sudah bisa keluar masuk Malaysia kapanpun anda mau, dan bekerja pun menjadi lebih tenang. Proses ini hanya membutuhkan waktu 1 hari saja.

9. Tahap-tahap selanjutnya

Saat artikel ini dibuat, saya baru sampai tahap Multiple-entry, selanjutnya masih banyak tahapan-tahapan lain seperti buat akun bank, resident, pajak, dll. Saya tidak tahu pasti, saya hanya dapat info dr googling.
Semoga artikel ini bermanfaat.

kelanjutan artikel ini bisa di baca di sini: Tahapan Bekerja di Malaysia Jilid II
silahkan baca: Suka Duka Bekerja di Malaysia