" " Berpikir Besar | GAROBLOGZ inline_google_font_css example
Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Berpikir Besar

Dalam hidup ini, tentu kita sering mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan atau rencana kita. Hal ini lumrah terjadi, karena kita sebagai manusia hanya bisa merencanakan dan berusaha sekuat tenaga, sedangkan hasilnya ditentukan oleh banyak faktor yang terkadang tidak kita ketahui datangnya dari mana.

Jika hasil yang kita dapat ternyata lebih baik daripada harapan kita, tentu menjadi suatu hal yang baik, tapi bagaimana jika sebaliknya? Saya rasa, lebih seringnya adalah di bawah dari harapan kita.

Perbedaan rencana dengan hasil ini bisa kita sebut sebagai galat atau error. Galat ini jika kita matematiskan adalah sebagai berikut:
H = (100%-x)R. dengan H = hasil, R = Rencana, dan x = galat. Seperti yang saya sebutkan di atas bahwa x ini terkadang berasal dari faktor yang sama sekali tidak kita ketahui sebelumnya, ini wajar terjadi dalam hidup.

Disini saya mengajak anda untuk berpikir besar, atau berencana besar, dengan membesarkan nilai R kita. Diharapkan dengan demikian hasil yang kita dapatpun besar. Disini saya berasumsi anda tetap melakukan usaha yang sama besarnya dengan rencana anda. Karena kita seharusnya memberikan komitmen dengan rencana yang kita pasang.

Ilustrasinya seperti berikut:
Toto berharap penjualannya bulan ini mencapai nilai 10 juta rupiah. Sejak awal bulan dia sudah merencanakan segala sesuatunya demi mendapatkan 10 juta rupiah penjualan di akhir bulan. akan tetapi di akhir bulan yang dia dapatkan hanyalah 8 juta rupiah, dengan demikian galat yang Toto dapatkan sekitar 20%.

Sedangkan Euis berharap penjualannya bulan ini mencapai nilai 100 juta rupiah. Sama dengan Toto, Euis pun membuat rencana matang untuk menggapai penjualan tersebut. Tetapi di akhir Euis hanya mendapatkan 60 juta rupiah saja, dengan demikian galat yang Euis dapatkan adalah 50%.

Dari ilustrasi Toto dan Euis, siapakah yang mendapatkan penjualan terbesar diantara keduanya? Tentu Euis, meskipun dengan galat yang lebih besar daripada Toto. Disini Euis berani berpikir besar dan berusaha untuk menggapainya sekuat tenaga.

Sekarang anda tinggal pilih, berpikir kecil dan mendapatkan hasil yang lebih kecil atau berpikir besar dengan mendapatkan hasil yang tidak kecil?

Perlu saya tekankan lagi, bahwa jika anda sudah menetapkan tujuan anda dengan berpikir besar, pasanglah komitmen anda yang sungguh-sungguh terhadap rencana anda tersebut.

Ayo kita sama sama berpikir dan bermimpi besar, karena dengan demikian hidup kita akan menjadi lebih berarti.

Tanganku mungkin pendek, tapi akalku panjang. Tubuhku mungkin kecil, tapi impianku besar. Kemampuanku mungkin terbatas, tapi imajinasiku tanpa batas -Anonymous-

sumber gambar: saufacenter.blogspot.com