Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Mengubah File Google Earth ke Mapsource

Bermula dari temen saya minta tolong untuk memberikan tutorial bagaimana convert dari Google Earth ke Mapsource, daripada untuk dia seorang lebih baik saya share aja di blog ini, semoga bisa bermanfaat juga buat orang lain.

Kegunaan tutorial ini adalah untuk merubah file Google Earth (.kml) ke Mapsource (.gdb), file di dalam Google Earth tersebut bisa berupa waypoint, track, path, places, dlsb. Setelah masuk mapsource, file tersebut dapat langsung di-eksport ke GPS Garmin. Tutorial ini sangat berguna bagi anda yang ingin melakukan perencanaan survei / kerja lapangan berdasarkan citra satelit dari Google Earth.

Sebelumnya di blog saya yang lama, saya sudah membuat tutorial PEMBUATAN PETA BATIMETRI MENGGUNAKAN SURFER 11.0 yang sedikit menyinggung tentang tutorial kali ini.

Sebelum kita mulai tutorial ini, beberapa hal ini perlu anda persiapkan:


1. Google Earth dan koneksi internet
2. Software GPSBabel yang bisa anda download di: http://www.gpsbabel.org/download.html

Dalam tutorial ini saya mencontohkan bagaimana membuat garis sungai berdasarkan citra satelit Google Earth yang dapat dibuka di Mapsource. Berikut adalah tutorialnya, silahkan diikuti step by step:

1. Buka Google Earth

Zoom daerah yang akan di-digit pinggir sungai nya. Tekan Shift + Up Arrow untuk membuat tampilan Google Earth tegak lurus 90 derajat terhadap muka bumi.



2. Digitasi Sungai

Setelah zoom daerah tinjauan, klik "path" pada Google Earth, lalu mulai membuat garis tepat di pinggir sungai. Pada contoh ini saya hanya melakukan digitasi yang kasar saja. Anda bisa melakukan digitasi dengan sangat detil dengan zoom-in daerah tinjauan anda.



3. Save Path

Setelah selesai melakukan digitasi sungai, ubah "Untitle Path" menjadi nama file yang anda inginkan, lalu klik "OK".



4. Save Place As

Setelah path berhasil tersimpan pada Google Earth, klik kanan pada path tersebut lalu klik "Save Place As...". Save path tersebut dalam bentuk .kml.



5. Convert .kml ke .gdb dengan GPSBabel

Buka GPS Babel. Pada input pilih format "Google Earth (keyhole) Markup Language" dan pilih file yang sudah anda save tadi. Pada output pilih format "Garmin Mapsource - gdb" lalu tentukan directory & nama output yang anda inginkan. lalu klik "Apply". Jika convert berhasil akan ada tulisan: "Translation Succesful"


6. Convert selesai, file .gdb siap dibuka





Demikian tutorial convert file Google Earth ke Mapsource. Pengaplikasiannya sangat luas, jadi silahkan selanjutnya anda ulik sendiri. Semoga bermanfaat.