My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Memperkerjakan Karyawan dari Saudara / Keluarga



Di momen mudik gini sering sekali saya dimintai tolong untuk memperkerjakan saudara di bisnis saya. Ada yang "basa basi", ada yang beneran emang pengen niat. hati2, memperkerjakan saudara itu agak "tricky". Berikut tips saya untuk memperkerjakan saudara atau keluarga sebagai karyawan:

1. JANGAN KASIHAN

kalau anda meng-iya-kan saudara anda untuk bekerja di bisnis anda, dan kalau 1-1nya faktor adalah kasihan. Saya pastikan, itu ga akan berhasil. Mungkin hanya 1-2 bulan saja kerja, trus gak bertahan. Mending kalau kerjanya bagus, kalau kerjanya jelek?

wah runyam kalau kerjanya jelek, bisa2 tali peraudaraan malah putus. Padahal untuk hal yang gak seberapa.

Karena memang kalau si orang tersebut "siap kerja", ga perlu "minta2" kerjaan ke saudara dong? tentu lebih baik mencari perusahaan lain yang lebih bonafide atau yang lebih fair menilai dirinya sebagai pekerja. Maka kalau orang seperti ini bekerja di bisnis anda, atau bisnis apapun, ya ga akan bagus. Hanya membuat susah perusahaan.

Menurut saya, daripada hanya karena kasihan, lebih baik anda sedekah saja. kasih uang.

Dengan ini, persaudaraan tetap aman terjada, anda juga dapat pahala karena membantu saudara. ya ga?

2. TETEP PROFESSIONAL

Kebalikan dari poin pertama, anda harus professional. Mau saudara kek, mau teman kek, mau siapapun, harus professional kalau mau memperkerjakan orang.

Terlebih lagi saudara! terlebih lagi keluarga dekat! jangan sampai anda membiarkan saudara / keluarga anda kerjaannya jelek, dan terkesan anda biarkan, lalu diketahui oleh karyawan lain. ini runyam!

nama baik anda bisa jelek, anda akan dicap sebagai boss yang pilih kasih. Alhasil karyawan banyak ngedumel, jadinya perusahaan juga ga efektif jalannya.

jadi saran saya, selain kontrak jelas di depan (bukan hanya karyawan dari kalangan keluarga ya), tapi anda juga dari awal sudah mengatakan ke orang tua si keluarga bahwa kalau jelek, ya ga akan diperpanjang, dan seterusnya.

Intinya sejak awal dikatakan bahwa dunia kerja (bisnis anda) adalah bukan hal main main. jika jelek ya tidak terpakai, dan seterusnya.


0 Response to "Tips Memperkerjakan Karyawan dari Saudara / Keluarga"

Posting Komentar