My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kelebihan dan Kekurangan Tiktok Shop

Saya baru memutuskan untuk berjualan di Tiktok.



Awalnya saya skeptis sekali dengan Tiktok, bukan perihal musiknya, karena kalau ngebahas musik pasti kita terjebak di perdebatan yang panjang.. Tapi ada 1 hal yang pasti kita tidak akan berdebat... Dulu awal2 Tiktok rame, isinya itu 99% adalah joged dan cewe2 sexy, mengumbar aurat. Makannya saya memutuskan untuk tidak daftar Tiktok kala itu.

Tapi sekarang kondisi seudah berbeda, Tiktok ga melulu soal mengumbar aurat, banyak yang menarik juga, ya udah setara dengan IG atau FB lah. Karena IG dan FB juga kan ada yang mengumbar aurat, tapi gak melulu.

Anda boleh tidak sepakat.

Yang menarik dari Tiktok adalah mereka berani sekali langsung buat Tiktok Shop! padahal IG, FB, dan Google gagal membuat "shop" atau "marketplace"

Facebook.. sudah lama ada fitur Facebook Shop, tapi sebatas katalog saja. Malah diarahkan ke WA. Belum ada fitur closing, atau fitur checkout.

Instagram... Instagram sebenernya hampir sama aja dengan FB, yang paling kentara palingan bisa tag produk di IG, tapi sebenernya dulu di FB jg udah ada. Tapi tetep, IG Shope ini belum bisa checkout di IG nya langsung. Harus diarahkan ke landing page atau ke WA..

Google.. Google Merchant sebenernya udah lama, tapi saya baru pakai belakangan ini, karena itu pun untuk ngiklan diarahkan ke Shopee. Google Merchant juga sama, belum bisa checkout di platform tersebut, harus checkout di platform lain..

di sisi lain...

Shopee.. yang asalnya adalah marketplace, berusaha menjaadi Sosial Media seperti FB dan Google. Kalau Shopee udah jelas ya bisa checkout, tapi asalnya ga ada fitur sosmed. Shopee nyeidain fitur sosmed, kaya Shopee Feed, Shopee Story, Shopee Live, dan Shopee Video. Gak terlalu berhasil, buktinya Shopee Story ditutup.. saya yakin biaya servernya besar sekali.. 

Yang lumayan berhasil dari Shopee adalah fitur Shopee Live. Saya pun 5% penjualan Shopee itu dari Shopee Live.. lumayan banget kan?

nahhh.. si Tiktok ini berani banget.. dia awalnya kan Sosmed, langsung launching Tiktok Shop yang bisa checkout! padahal IG dan FB dan juga Google gagal dalam hal ini..

Emangnya kenapa?
Kalau bisa checkout di Tiktok, artinya customer journey lebih singkat, artinya Conversion Rate lebih tinggi, artinya CPC iklan akan lebih murah.

Silahkan tonton video di atas untuk penjelasan ini.

Intinya makin panjang "loncat" journey dari customer, makin banyak ratio pengali-nya, makin rendah conversion rate-nya, makin mahal CPC...

Jadi ini akan menarik sekali untuk ngulik iklan di Tiktok Shop

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Tiktok Shop"

Posting Komentar