My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Contoh Struktur Organisasi Online Shop Fashion Baju Muslim



Ini adalah struktur organisasi Bajuyuli, yang berlaku saat ini ditulis, sangat mungkin kedepannya ada perubahan. Dan faktanya, ini sudah berevolusi berkali kali... Intinya, ga ada struktur organisasi yang baku, itu tergantung kebutuhan dari masing2 bisnis.

CEO / Direktur

Saya dan istri adalah CEO dari Bajuyuli. Pembagiannya, kalau saya fokus ke finance, marketing dan operasional. Sedangkan istri, fokus ke legal, tax, dan HR.

Enak sekali ber-partner dengan istri, kami bisa diksusi kapan saja, di mana saja. 24 jam! baca: https://www.garoblogz.com/2020/03/indahnya-berbisnis-dengan-istri.html

±90% kerja saya dan istri adalah hal hal strategis, artinya pekerjaan yang tidak dilakukan harian..
Contoh, untuk marketing, saya hanya menentukan strategi harus ini harus itu, kapan dan bilamana. Turun ke teknis seperti iklan, Instagram, promo dan lain sebagainya, sebagian besar tidak dilakukan oleh saya.

Saya masih terjun ke teknis untuk hal hal seperti:
- transfer nominal besar
- pemberian uang kas harian
- jumpa pihak external penting (contoh: orang Shopee)
- dlsb

Dengan porsi seperti itu, saya dan istri sebenarnya ga harus setiap hari ke kantor. Kami bisa kerja di mana saja, asalkan ada laptop dan internet.. Karena yang meng-eksekusi di lapangan adalah middle-managet kami + staff-nya, lihat di bawah..

Tim Konten

Inti tugas dari Tim Konten Bajuyuli adalah untuk memenuhi kebutuhan seluruh konten digital Bajuyuli.. Instagram, Youtube, Facebook, Google My Business, Shopee Live, dannn seterusnya.

isinya cuma 3 orang. 1 manajer / koordinator, 1 fotografer, 1 videografer.

Tim Admin

Admin kami terbagi 2 shift. Shift siang dan shift malam, total ada 4 orang. Untuk malam, hanya balas chat saja, dan ini 1 orang cukup, dilakukan full WFH.

Tugas utama tim ini adalah balas chat dan rekap order.

Yang paling susah dari tugas ini adalah menghadapi komplain.. karena melibatkan perasaan, hehe.. ya harus dihadapi.

Tim Gudang

Ini tim paling "gendut" yang kami punya. Karena terdiri dari 16++ orang. Maksudnya ditambah ++ adalah karena terkadang (sekarang cukup sering), kami memanggil staff harian, untuk bantuin pekerjaan yang numpuk.

Pekerjaan Tim Gudang Bajuyuli secara umum terbagi 2, yaitu QC dan Produksi.

QC melakukan packing pesanan, quality control barang jadi, menghitung inventory, stocking barang2 kebutuhan produksi.

Produksi di kami tidak melakukan jahit, hanya sampai potong kain saja.
Order bahan baku, sebagian besar saya yang lakukan, lalu masuk ke Tim Gudang untuk dilaukan quality kontrol (cek kain), lalu dilaukan proses potong / cutting. Setelah itu akan dijahit oleh Vendor Jahit (konveksi), nanti setelah barang selesai jahit, dikembalikan lagi ke kami untuk dilakukan QC.

Tantangan terbesar dari Tim Gudang ini adalah bagaimana menentukan formasi supaya jalan efektif efisien. Orang2 di sini kerjannya tidak fix.. Tidak dialokasikan khusus beberapa orang untuk packing saja.. Tidak dialokasikan khusus beberapa orang untuk QC saja. Melihat kondisi.

Sebagai contoh, ketika peak day, hampir seluruhnya difokuskan untuk fulfillment (packing).. Semakin banyak orang, semakin cepat packingnya.

begitu seterusnya..

--

Mudah2an menginspirasi.

[]

0 Response to "Contoh Struktur Organisasi Online Shop Fashion Baju Muslim"

Posting Komentar