My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Jangan Ikut Pelatihan Bisnis



Seberapa sering anda ikutan pelatihan bisnis? webinar bisnis?

Pelatihan bisnis banyak macem harganya, dari yang gratis sampai yang jutaan. Untuk yang jutaan setidaknya saya udah pernah 2x ikutan.. Yang pertama bayar sendiri, yang kedua dibayarin JNE. hehe..

setelah itu saya KAPOK, ga mau lagi ikutan pelatihan bisnis yang mahal mahal. Saya menyarankan anda untuk JANGAN ikut pelatihan2 bisnis.. kenapa saya berani bilang gini?

1. Hampir semua ilmu sudah tersedia GRATIS

Udah banyak banget content creator yang bikin konten tentang bisnis.. Googling aja! simple...

Sukanya baca? banyak blog... sukanya nonton video? bisa buka Youtube..

Jangankan materi pelatihan bisnis, waktu saya MBA dulu pun, semua materi-nya ada di internet kok! dan sebagian besar gratis...

Selain itu... si coach atau si pemateri, saya yakin mereka pasti nge-Googling juga! Ga mungkin menciptakan teori sendiri. Yang paling mungkin, menggabungkan pengalaman mereka dengan teori yang sudah ada.

Kalau ada yang gratis kenapa harus bayar? ya ga?

2. Yang penting praktek!

Mungkin anda berpikir bahwa pelatihan mahal pasti materinya lebih jitu dari materi Googling..

Salah TOTAL! yang penting itu praktek, bukan materinya.

Dan yang namanya praktek itu ga bisa sekali jadi, harus terus menerus. Apakah anda belajar naik kendaraan langsung bisa? harus banyak praktek atau baca teorinya? yes betul! teorinya dikit aja, sisanya PRAKTEK!

Se-jitu apapun materi dari pelatihan bisnis, tanpa praktek = percuma.
setiap pelatihan bisnis, materinya itu PAPAT dan BUANYAK.. Butuh waktu banyak untuk praktek.. Belum lagi kalau pelatihannya "berseri", disuruh ikutan pelatihan selanjutnya.. kapan prakteknya coba?

mending juga materinya gratisan, bisa bebas pilih dari yang ringan2.. teori dikit, praktek banyak, teori dikit, praktek banyak..

makin banyak praktek, membuat anda makin mahir, makin jago..

3. Ngulik & Challange

mohon maaf.... hampir semua yang saya lihat peserta pelatihan bisnis itu rata2 orang2 yang ga jago ngulik. ga jago menghadapi tantangan hal baru. pengennya disuapin, pengennya materinya disediakan, dibacakan, ditunjukkin...

Padahal balik ke poin no 1: semua materi GRATIS tersedia di internet.

orang2 seperti itu lah sasaran empuk dari pelatihan-pelatihan bisnis...

Orang yang ga biasa ngulik, biasanya jarang praktek.. Begitu sebaliknya..

Sepengalaman saya, jika sudah "ngalir" / dalam praktek, biasanya akan tumbuh pertanyaan pertanyaan baru, sehingga harus belajar juga hal  hal lain, harus ngulik juga hal hal lain tersebut, begitu seterusnya. Saya jamin, kalau anda "larut" dalam pencarian ini, ga ada waktu utk ikutan pelatihan bisnis mahal, atau rasanya sayang banget ikutan pelatihan bisnis mahal..

Kalau semua orang jago praktek, bisnis "pelatihan bisnis" ga akan tumbuh..


4. solusinya apa?

Menurut saya, solusinya itu pilih pelatihan yang sifatnya mentoring. Jadi sifatnya itu diskusi, bukan seperti kelas kuliah.. Metode mentoring seperti ini ga mungkin 1x, harus berkala, seminggu sekali bagus.

Jadi ada mentornya, yang mungkin paling berpengalaman, ada juga peserta lainnya yang kurang lebih sama dengan anda. Di sini tidak ada yang digurui atau menggurui, semua saling berdiskusi tentang masalah dan pengalamannya masing2.

Saya pun melakukan mentorin ini sampai sekarang, setidaknya saya ada 3 mentoring rutin.. 1 full tentang bisnis, 1 tentang materi bebas, 1 tentang agama.

--

mudah2an ada manfaatnya.

selamat praktek.!


0 Response to "Jangan Ikut Pelatihan Bisnis"

Posting Komentar