My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Foto Produk Dicomot Orang Tanpa Izin? Apa yang harus dilakukan?



Foto produk jualan saya dicomot orang udah biasa, bahkan dicomot sama marketplace juga pernah. Dijadiin cover kategori tertentu oleh si marketplace tersebut.. apakah anda mengalami hal yang sama?

foto produk dicomot orang lain tanpa izin
foto produk dicomot orang lain tanpa izin

comot mencomot foto di dunia online itu TIDAK TERHINDARKAN, setidaknya sampai teknologi yang ada saat ini. Jadi sebernya ga ada solusi soal ini, yang ada hanyalah mengambil "hikmah" atas peristiwa ini. he he..

berikut tips dari saya menghadapi orang yang mengambil foto produk tanpa izin:

1. STOP MENGELUH, STOP MENCEMOOH

Foto produk yang udah cape2 dibuat ehh diambil orang lain, emang bikin dongkol. Tapi balik lagi ke kaidah umumnya, hal ini TIDAK TERHINDARKAN.

Saran saya, daripada mengeluh karena mengalami ini, daripada mencemooh orang yang mencomot foto ktia, lebih baik diiklaskan saja. Karena mau bagaimanapun, hal ini akan kejadian.

Saya pernah melihat orang yang sampai nge-chat 1-1 si "pencomot". Hal ini jadi kontra-produktif, padahal banyak hal hal lain yang harus diurus. Kalaupun berhasil membuat 1 orang mengganti foto comotannya, nanti akan muncul orang lain lagi, begitu seterusnya..

jadi, STOP MENGELUH, fokus ke hal produktif.

2. Rezeki tidak akan tertukar.

Ini normatif, tapi absolut benar. Keimanan kita diuji. Saya ga akan bahas lebih lanjut soal ini, saya bukan ustadz.

3. Kasih watermark

ya ini pasti anda juga sudah tau. Hati2 dalam ngasih watermark, setau saya ada ketentuannya dari pihak marketplace, ikuti saja peraturannya.

Tapiiii... saya pribadi ga naro watermark di foto produk saya.. kenapa? menurut saya norak aja.. Saya sudah melihat brand2 dunia, mereka ga naro watermark tuh. hehe.

Anda sangat boleh untuk tidak sepakat

4. Comot balik aja!

Memang mencomot foto orang itu tidak etis, tapi kalau anda ikhlas foto anda dicomot orang lain, anda juga seakan akan punya "lisensi" untuk mencomot foto orang lain..

ini balik lagi ke hati nurani anda.. Saya sih tidak mau.

5. Patut BANGGA!

dan ini hikmah pamungkas tentang kasus seperti ini. Anda harus bangga kalau foto anda dicomot, artinya foto anda BAGUS! dengan demikian ya foto2 selanjutnya, tinggal mengikuti aja foto yang dianggap bagus oleh orang lain tersebut. ya ga? sederhana..

Saya juga bangga foto saya banyak diambil orang lain, apalagi diambil oleh si marketplace, validasi bahwa kualitas foto kami itu bagus!

0 Response to "Foto Produk Dicomot Orang Tanpa Izin? Apa yang harus dilakukan?"

Posting Komentar