My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Iklan Pencarian Shopee Part 3: Memilih produk untuk diiklankan



Ga semua produk saya iklanin pakai Shopee Iklan Pencarian, paling sekitar 15an aja yang diiklankan, dan jumlah itu berganti ganti tiap minggunya. ya 15 produk itu kurang lebih hanya 30% dari semua produk saya yang tampil di Shopee.

jumlah produk yang diiklankan di Shopee
jumlah produk yang diiklankan di Shopee

Nah, bagaimana cara memilih produk yang harus diiklankan di Iklan Pencarian Shopee?

Max CPC lebih besar dari 200 rupiah

Saya udah bahas tentang menentukan biaya per klik maksimal di sini: Tips Iklan Pencarian Shopee Part 2: Biaya Per Klik

pastikan anda sudah baca link itu sebelum lanjut baca, karena memang itu jadi dasar prinsip untuk ngiklan di Iklan Pencarian Shopee. Bahkan postingan ini kurang lebih hanya mengulang artikel itu.

Jadi tips dari saya adalah... hanya mengiklankan produk yang hasil perhitungan MAX CPC lebih dari 200 rupiah.. Yang kurang dari itu jangan diiklankan, jualan bukan untuk rugi kan?

kenapa 200 rupiah? soalnya ini nominal biaya per klik minimal dari Shopee. Kita ga bisa bid lebih kecil dari itu.

kalau perhitungan max CPC anda udah bener, mau produk apapun, mau dengan keyword apapun, Insya Allah iklannya jos. 

Gimana kalau produk baru?

produk baru jangan langsung diiklankan pakai Iklan Pencarian. sekali lagi, JANGAN!

kalau saya sih biasanya pakai iklan produk serupa dulu. Jadi kalau anda upload produk baru, langsung iklanin pakai Iklan Produk Serupa, saran saya pakai bid per kliknya 200 rupiah.

Lihat dalam 1 minggu, ada penjualan ga? kalau ga ada penjualan berarti ada yang salah dengan atribut produk anda, mungkin judulnya, mungkin fotonya, mungkin juga harganya kemahalan.

kalau ada yang laku, langsung masukkan ke perhitungan max CPC untuk produk tersebut, balik lagi ke poin pertama. jika hasilnya di atas 200 rupiah, ya iklankan pakai Iklan Pencarian, jika tidak, jangan dulu..

Jika ga nyampe 200 rupiah, coba "tahan" sampai 1 minggu. Dengan edit2 dikit judul produk, mungkin ada yang kurang pas. ulangi tahap2 di atas, begitu seterusnya..

Produk yang ga laku apakah harus diiklankan?

sebelumnya anda harus tau dulu apa itu laku apa itu ga laku. udah saya bahas di sini: Tips Iklan Pencarian Shopee, Part 1, Kenali Produkmu

percuma ngiklan kalau ga tau apa itu laku dan apa itu ga laku, jadi baca dulu artikel itu sebelum lanjut baca ya...

banyak orang salah kaprah, ngiklanin suatu produk biar laku.. padahal ga gitu.. ngiklan itu hanya untuk menjangkau orang lebih banyak. jadi kalau tanpa ngiklan aja ga laku, dijamin ngiklan juga ga laku.

Ibaratnya gini. Jika anda adalah muazin (orang yang adzan), dan iklan itu adalah mic masjid. Jika anda adzan dengan merdu lalu menggunakan mic, orang yang suka dengan suara adzan anda akan lebih banyak, karena suara anda lebih terdengar ke mana mana (pakai mic). Tapi kalau anda adzan dengan suara yang jelek? lalu pakai mic? apa yang terjadi? orang yang ga suka malah tambah banyak, bukan lantas suara adzan anda jadi bagus ketika pakai mic.

Saya tambah lagi penjelasannya.. intinya, mau pakai iklan atau tidak, audience target market anda sebenarnya sama. Hanya saja kalau ga pakai iklan orangnya sedikit, kalau pakai iklan orangnya banyak. dan pakai iklan itu harus keluar biaya!

jadi ber-iklan itu bukan membuat produk anda tambah diminati, tapi menjangkau orang yang lebih luas. produk jelek diiklanin ya tetep aja ga laku, produk bagus kalau diiklanin biasanya sih tambah laku.

sepengelaman saya begini rulesnya..
yang organic gak laku --> diiklanin PASTI ga laku
yang organic laku --> diiklanin kemungkinan besar tambah laku, jadi masih ada kemungkinan malah jadi ga laku loh

--

semoga bermanfaat. selamat praktek.

0 Response to "Tips Iklan Pencarian Shopee Part 3: Memilih produk untuk diiklankan "

Posting Komentar