My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Menangkap Spark Ideas

duh saya ga tau judul apa yang pas untuk artikel ini...
Intinya saya mau bagi tips buat anda yang sering tiba tiba kepikiran suatu ide bagus.. Saya mengalaminya setiap hari!

Ide seperti ini datengnya simultan, misal kita lg fokus ke Project A, eh dapet idenya Project B. Sayang banget kalau ide ide tersebut tidak ditampung. nah gimana caranya?

Catatan di WA

Saya lebih sering buka WA daripada aplikasi lainnya. anda juga kan? nah saya ada tips bagus.. Buat grup yang isinya hanya anda sendiri, di situ anda tumpahkan ide ide yang tiba tiba kepikiran. WAG tersebut pin ke atas. jadi anda bisa cepat meng-akses, dan bisa cepat untuk baca.

Caranya gmn? gampang kok.. buat aja 1 grup antara anda dengan 1 saja orang lain, bisa istri/suami/teman. Lalu ketika grup udah terbentuk, kick teman anda tersebut. Jadi deh, WA grup yang isinya hanya diri sendiri.

Kalau saya WAG ini saya kasih nama dengan JUNKFILE. maksudnya tempat saya menumpahkan/membuang ide, daripada tersimpan di memori yang terbatas, mending jadi tulisan

Kelebihan lainnya, kalau anda lagi nyetir mobil, anda bisa membuang ide di WAG ini dengan voice note! enak banget kan?

Bawa buku catatan kemana mana

Sudah 10 tahun lebih saya selalu bawa buku catetan kemana mana. Meski udah ada HP, saya masih lebih suka kertas untuk menumpahkan ide. Bahkan saya pernah rela, balik lagi ke rumah untuk bawa buku tersebut ketika ketinggalan/kelupaan.

Saran saya buku yang dipakai adalah buku tanpa garis! kertas putih bersih, supaya ide anda bisa bebas ditulis, ga terpaku atau terbatas oleh garis garis. ini works kok.

Jadi daripada hanya nulis rapi, saya lebih sering nulis poin poin atau mindmap, atau ngegambar.

Buat mindmap buffer ide

Dari 2 "bank ide" di atas, biasanya akan saya organisir supaya lebih rapi ke suatu mindmap. Saya pakainya Mindmup di Google Drive. Sayangnya ini kurang nyaman dibuka di HP. baca dulu: https://www.garoblogz.com/2020/11/review-software-mindmap.html

Di mindmap ini saya klasifikasikan ide ide saya berdasarkan project, waktu, atau klasifikasi lainnya. Ada yang harus dilakukan jangka pendek, ada jangka menengah, ada yang jangka panjaaaanggg sekali.. 

--

Nah dengan 3 tips di atas, alhamdulillah saya lebih bisa mengorganisir segala kesibukan saya. 3 tips di atas hanya di tahapan ide, harus dimulai dengan baik, supaya eksekusinya juga baik. 

Oya yang susah itu, bagaimana kalau ide tiba2 datang pas lagi solat? bahkan ide waktu solat kadang cemerlang cemerlang! ya ga? ngaku... Saya pernah nanya ini ke pak Ustad, dan jawaban pak Ustad itulah setan. Wajar kalau setan lebih tau solusi daripada kita, ya iya lah setan hidup jauh lebih lama dari kita, udah pernah nemuin masalah yang serupa...

Itu pertana solat kita ga khusyuk! wallahualam

selamat mencoba.

0 Response to "Menangkap Spark Ideas"

Posting Komentar