My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Kirim Email Saat Melamar Kerja

Sampai kapanpun, lowongan pekerjaan tidak akan bisa memenuhi permintaan. Ga bisa kita hitung, yang udah kerja berapa, yang nganggur berapa, lapangaj kerja ada slot berapa.. kenapa? karena yang udah atau sedang kerja, ngelamar kerja juga!


belum lagi kalau dihitung lulusan Universitas atau SMK yang ga sebanding dengan pertumbuhaj industri. simplenya gini, lulusan sekolah tiap tau bertambah dengan konstan naik. Lalu lapangan pekerjaan? ga mungkin konstan naik juga, pasti baik turun, liat aja makroekonominya..


loh jd kesana kemari.. mungkin sy udah nerima ribuan email lamaran kerja, jd sy bisa ngasih tips buat anda kalau ngirim email utk lamar kerja..

DON'T - JANGAN DILAKUKAN saat melamar kerja via email

1. judul tidak sesuai permintaan

Lowongan kerja biasanya menyuruh pelamar menuliskan posisi yang dilamar di judul email. Ini penting sekali loh. Supaya email HRD rapi! jadi bisa langsung kefilter.. yang ngelamar kan ga 1 orang, dan mungkin juga ga 1 posisi. kalau anda tidak menuliskan sesuai request, dijamin email anda 90% diabaikan.

2. tidak menulis pengantar di body email

ini yang paling sering terjadi.. jd asal kirim CV doang? mau ngelamar apa mas mba?? gpp sih sebenernya.. tp ibarat kata, ketok pintu tapi langsung masuk.. kan nyebelin ya ga? hehe..

Contoh email lamaran kerja tanpa pengantar body email
Contoh email lamaran kerja tanpa pengantar body email


3. beda bahasa

Kalau info lokernya bahasa Indonesia, submitnya juga bahasa Indonesia dong. Kalau bahasa Inggris ya submit bahasa Inggris.. Jangan kebalik, karena recruiter pasti punya pertimbangan kenapa loker dipublish dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

ini contoh yang menurut saya salah, loker saya buka dalam bahasa Indonesia, tp ybs submit pakai bahasa Inggris:

email lamaran kerja bahasa Inggris
email lamaran kerja bahasa Inggris


4. attachment kebanyakan

ini ga terlalu sering terjadi sih.. beberapa kali saya dapat email lamaran, yang attachmetnya bejibun.. CV 1 file, foto 1 file, SKCK 1 file, surat lamaran tulis tangan 1 file, ijazah kuliah 1 file, ijazah SMA 1 file.. hadohhh... ini bukan berarti dengan anda meng-"zip" atau meng-"rar" kan file2 tersebut jadi solusi loh ya. don't even think about it.

5. attachment di body email

ini jg lumayan jarang, tapi ada aja kejadian.. jadi si CV nya dalam bentuk JPEG, tapi di paste di body email, bukan di attachment. ga masalah sih, tapi recruiter ga terbiasa aja dengan email seperti ini.. Bukanya juga suka loading lama.

6. kualitas attachment jelek

Jelek dalam artian: jika foto kualitasnya tidak baik, jika tulis tangan gambarnya tidak jelas, jika CV ga mudah dibaca dan seterusnya..

7. ga ngirim attachment sama sekali

ini parah. mau ngelamar atua mau apa? hehe.. Khusnudzon saya sih, yang kaya gini kayanya kelewat untuk upload attachment deh.

8. body pengantar email kepanjangan

ini contohnya:

contoh body email lamaran kerja
contoh body email lamaran kerja



DO - WAJIB dilakukan saat melamar kerja via email

1. ikuti permintaan loker

biasanya setiap loker ada permintaan permintaan tertentu. misalkan diminta menuliskan judul email dengan ketentuan tertentu, ini ikuti! contoh lain misalkan diminta mengirimkan portofolio, ini ikuti! jangan ngeyel ya

2. menulis pengantar yang singkat!

Body email penting, harus ada! dan ga usah panjang panjang.. cukup 2-3 kalimat singkat jelas padat. di situ ga perlu juga promosoin diri anda, biar CV anda yang mempromosikan diri anda. lain waktu akan saya tulis ah contoh contoh pengantar body email yang attracting.

3. attachment se simple mungkin

kalau ngasih attachment cukup 1 file aja.. jangan banyak amat... susah tau bacanya, apalagi kalau perlu didownload, ribet filingnya...

ini contoh attachment yang cuma 1 aja.. cukup bagus:

attachment lamaran kerja
attachment lamaran kerja


4. membalas jika ada balasan

jika recruiter membalas email anda, wajib anda balas ya.. biasanya recruiter membalas itu karena mungkin anda menarik, dan ada hal yang harus anda lakukan..

---

Mengirim lamaran via email hanya pintu pertama saja, penerimaan kerja masih melalui banyak step step.. kalau di pintu udah gagal, jangan harap bisa masuk ya. hehe

0 Response to "Tips Kirim Email Saat Melamar Kerja"

Posting Komentar