My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: The Intelligent Investor - Benjamin Graham

JANGAN BELI JANGAN BELI JANGAN BELI!

agak nyesel saya beli, karena harganya ga murah. saya beli seharga ±250rb..

Buku The Intelligent Investor
Buku The Intelligent Investor


Baru baca 50an halaman, saya putuskan untuk berhenti membaca buku ini. Karena ternyata isinya bukan yang saya butuhkan! Biasanya, yang sudah sudah, jika nemu buku yang ga saya butuhkan dan udah setengah jalan, biasanya saya lahap juga. Tapi mengingat buku Essentialism yang bilang: "dont do a major in a minor thing!"

Baca buku adalah major buat saya, menghabiskan waktu ±2 jam per hari, tapi buku ini hanya akan memberikan minor ilmu buat saya, ga bisa saya praktekkan.

Buku ini spesifik ngebahas soal SAHAM, BONDS, dst.! Awalnya saya mengira akan dibahas invest ka hal hal lain, seperti emas, perak, ilmu, atau lainnya... itulah yang membuat saya kecewa..

Untungnya dulu saya pernah main saham, dan lumayan mendalami. Jadi saya ga roaming roaming amat.

Nah  kalau anda belum pernah Googling soal saham, belum pernah praktek langsung, JANGAN PERNAH berpikir utk beli buku ini.

Banyak istilah istilah yang mungkin anda ga tau. seperti DJIA, S&P, Bearish? Bullish? sebenernya tinggal Googling singkat, tapi karena saking banyaknya, saya jamin proses transfer ilmu dari baca buku jadi ga efektif.

saya yakin yang nyesel bukan hanya saya.. Karena "pemain" saham di Indonesia kan makin dikit banget, mungkin jumlahnya hampir sama dengan penggiat baca buku. Kan ga mungkin seluruh penggiat baca buku "main" saham? 

Atau yang beli adalah orang yang main saham tapi jarang baca buku? ya ini sama aja percuma, bukunya hanya jadi pajangan. Banyak kan orang seperti itu? hehe.

Keselnya, saya kan follow IG nya Periplus dan Books and Beyond.. ini sering diposting, sehingga masuk ke otak saya, wah ini buku banyak yang nyari nih, pasti buku bagus... ehh ternyata ternyata...

Bahkan skg saya lagi nyoba ngontakin temen2 saya yang main saham, untuk saya HIBAH-kan buku ini. daripada nganggur di saya dan ga bermanfaat.

lalu kalau gitu, orang seperti apa yang cocok beli buku ini?

ini pendapat saya loh ya, sangat mungkin salah..

  • setidaknya orang yang sudah melantai di bursa saham 1 tahun. Baik dia teknikal atau fundamentalis
  • S1++, udah setaun main saham tapi ga ngerti istilah akademik juga percuma
  • sering baca buku / berita soal Amerika (US), karena banyak cerita tentang kabar lokal sono
  • ngerti FINANCE! ada juga kan yang main saham lama, tapi hanya ngerti statistik
kalau anda memenuhi 4 kriteria itu, silakan anda beli buku ini. mungkin impactnya akan besar ke perjalanan investasi anda.

--
sekian terima kasih

0 Response to "Review Buku: The Intelligent Investor - Benjamin Graham"

Posting Komentar