My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Apakah Penting Kerahasian Data?

setaun ke belakang agak rame soal kerahasiaan data kita yang bocor.

Katanya ada kebocoran data Tokopedia..

Apa maksudnya bocor? artinya data yang di Tokopedia, digunakan oleh pihak lain, bukan oleh Tokopedia.
Dengan tujuan yang sama dengan yang Tokopedia lakukan, marketing lebih efektif!

Lucunya lagi, orang awam akan menganggap bahwa data yang penting adalah data data pribadi seperti email, no HP, nama, KTP, dst. Yang katanya sih, data bocor Tokopedia kasus 2020 itu hanya emailnya saja. apakah betul? ga tau.

Dan jika kumpulan data itu hanya kumpulan biodata saja, ini nilainya sebenernya kecil ketimbang konsep big data di dunia marketing.

Tokopedia pasti punya data perilaku data pelanggannya, si A kapan belanjanya, abis belanja produk X biasanya belanja produk apa? si B sekali belanja biasanya ngabisin uang berapa? kapan si B biasanya beli pulsa? kapan si B biasanya windows shopping doang? daaaannnnnnnnn seterusnya.....

nah kalau data yang saya sebutkan terakhir itu bocor, baru kita harus kaget. Karena nyaris ga mungkin data itu bocor. Data data itu diolah sedemikian rupa, sehingga cocok dengan sistemnya Tokopedia. Alias ada struktur databasenya sendiri, ada struktur algoritmanya sendiri. Dimana jika anda dapetin data itu, akan jadi percuma kalau anda tidak punya sistem yang sama dengan Tokopedia. begitu seterusnya...

Balik lagi ke judul..

Kasus kerahasiaan data ini heboh, menurut saya hanya kulit saja. Orang orang pada heboh, karena khawatir nama lengkapnya diketahui, no HP nya diketahui, tanggal lahirnya diketahui, dan seterusnya....

Dimana sebenernya ini ga terlalu penting! impact terburu yang mungkin kita rasa asalah kena spam... spam apa? macem macem... yang sebenernya ada solusinya.. 

Spam Email --> yaelah ini mah gampang banget, tinggal filter aja, dan otomatis masuk ke spam kalau dapet email sejenis

Spam Telp --> ini paling mengganggu menurut saya, meski saya udah jarang mengangkat nomor telpon tidak dikenal, tapi terkadang ketika saya lagi pegang HP serius, ehhhh ada telpon masuk.. bisa diminimize sih.. tapi anda perlu tau, kalau ada telpon, sinyal internet anda akan keganggu! nyebelin kan?

Spam WA --> ini ga terlalu masalah menurut saya, karena ketika ada spam WA masuk, tinggal klik block dan report! masalah kelar.

Spam SMS --> wah ini banyak banget spam SMS masuk, cara paling mudah adalah dengan menonaktifkan notifikasi. bukankah skg anda juga ga nunggu2 dateng SMS masuk kan?

heboh kemarin soal Tokopedia rasanya terlalu berlebihan.. karena kita semua udah biasa mengalami kebocoran data! buktinya banyak banget kan sales bank yang ngehubungi anda? saya mengiri, kebocoran terbesar adalah dari provider GSM dan dari BANK.

Spam dari BANK yang paling bikin saya gemes.. mereka itu gigih sekali nge-spam.. seakan akan kalau saya belum convert, mereka akan kejar terus! gila.. hehe....

Saya pribadi sebenernya tidak begitu risau soal kerahasiaan data.. saya tidak terlalu takut tentang privacy data kita.. Justru saya seneng kalau misalkan pengalaman saya ber-internet relate dengan apa yang saya suka, relate dengan apa yang saya mau!

Iklan yang keluar tentang hobi saya, iklan yang keluar tentang apa yang saya butuhkan.. enak kan? menurut saya ini sama-sama menang..

Kalau anda bagaimana? pro privacy?

0 Response to "Apakah Penting Kerahasian Data?"

Posting Komentar