My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tanda Jago Bahasa Inggris?

orang bilang kalau anda udah jago bahasa Inggris, anda akan mengalami mimpi tidur pakai bahasa Inggris.

logis ga sih premis itu?

Jujur saya sih lupa, pernah mimpi bahasa Inggris atau tidak. Skill bahasa Inggris saya medium lah.


Tapi premis itu SUPER LOGIS sih.


Mimpi adalah alam bawah sadar, kita ga bisa milih mau mimpi apa. bayangin aja, kalau alam bawah sadar kita aja udah ngeluarin bahasa Inggris, gimana yang sadarnya?

jd konfirm banget, premis itu PROVEN.

Ga usah jauh dulu ke mimpi. Coba anda bayangkan kalau anda lagi ngomong ama diri sendiri. Atau anda lagi berpikir.

Bahasa apa yang dipakai?

Kalau saya. Ngomong ke diri sendiri masih pakai bahasa Sunda. hehe. Ngobrol ama anak istri, campur Sunda Indonesia, ngobrol ama karyawan juga campur Sunda Indonesia. Kalau formal, saya ga berani pakai bahasa Sunda, soalnya saya ga begitu jago dalam bahasa lemes.

berarti processing di otak saya. Sunda - Indonesia - Sunda - Indonesia

naha kalau baca artikel bahasa Inggris, berarti flow processing otak saya ketika baca adalah:

Inggris - Indonesia - Sunda

ada 3 proses! panjang jadinya... jadi bisa dibilang, effort saya supaya jago bahasa Inggris lebih susah ketimbang yang hanya pakai bahasa Indonesia saja. Soalnya saya melalui 3 processing. haha.. teori ngaco mungkin ini.


balik lagi ke frasa pertama di atas. Kalau anda bagaimana?

ini sekaligus konfirmasi yang kata orang, mau jago bahasa Inggris itu bukan dengan les atau belajar teori, tapi dengan praktek praktek dan praktek. Dan katanya lagi, orang yang ga belajar bahasa Inggris tapi maksa tinggal di negara ber-bahasa Inggris, akan lebih jago ketimbang anak sekolahan.

Yes ini bener!

Waktu saya di Malaysia, orang India-Malaysia di sana, bahasa Inggrisnya "ngampung" banget. Grammarnya ngaco, pronouncation nya jg kadang ngaco, tapi kami komunikasi super duper lancar kok. Orang Inggris beneran juga kalau ngomong sama mereka pasti ngerti. Bukankah yang utama dari bahasa itu bisa saling mengerti komunikasi?

Buang semua teori grammar anda, buang semua teori tenses anda. Mending langsung aja ngerantau ke negara ber-bahasa Inggris kalau mau jago bahasa Inggris.

Mirisnya di kita, kalau ada orang yang salah ketik bahasa Inggris, eh malah di-bully. Salah ketik dikit, dijadiin meme. duhhh.. ini ga konstruktif banget...

ok faham ya? sekian []

0 Response to "Tanda Jago Bahasa Inggris?"

Posting Komentar