My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Teman Lama Pinjam Uang?

Pernah mengalami teman lama tiba tiba ngontak trus malah minjem uang? atau minta tolong apapun itu yang ujung2nya butuh duit?

Saya sih sering, dan dari semuanya SAYA cuekin. hehe..

Nih tips dari saya kalau tiba2 ada teman lama ngontak dan mau pinjam uang:

1. JANGAN kasih!

Terlepas seberapa membutuhkannya dia, terlepas dari seberapa mendesaknya dia, kalau dia tiba2 ngontak anda padahal komunikasi tidak intens, berarti ada sesuatu kan? loh kok aneh, waktu kuliah ga akrab, tiba2 minjem duit. aneh banget kan?

Kemungkinan besar anda bukanlah orang pertama yang dia kontak, dan logikanya pasti dia ngontak dulu yang akrab kan? logikanya ngontak dulu yang dekat dengan dia kan? *kalau emang beneran butuh uang dan mendesak

jadi kalau pilihan ngontaknya jatuh ke anda (yang ga akrab), berarti teman dia yang akrab udah ga pada ngasih pinjeman! artinya dia ga dipercayai oleh temen deketnya dia, jadi kenapa harus anda mempercayai dia? simple!

2. JANGAN bales dan segera delete chat

Nah kalau tiba2 ngontak dengan greeting dan basa basi, ya ladenin dulu, jangan suudzon langsung mengira orang itu mau pinjem duit ya... Ladenin dulu aja semua basa basinya, kalau JRENG tiba2 beneran dia pinjem uang, saran saya langsung ga usah dibales lagi dan delete chatnya.

Ini adalah cara paling aman. Ga dibales memberikan kesan kita ga 100% nolak? jadi nanti kalau suatu saat ketemu, ga akan awkward.

Langsung hapus chat, supaya kita lupa kalau temen kita itu pernah mencoba minjem uang ke kita. Jadi kalau someday ada reunian, ga akan awkward di sisi kita, kalau di sisi dia sih persoalan dia..

Simple juga kan solusinya?

3. crosscheck dulu

kalau anda beneran tersentuh oleh permintaan pinjam uang dari temen anda, saran saya crosscheck dulu ke temen anda yang lain. Kemungkinan besar pernah di kontak juga kan oleh doi?

saya sudah pengalaman, ada teman yang awal kuliah memang deket banget, tapi menjelang akhir kuliah kami merenggang karena kesibukan masing-masing. Eh tiba2 ngontak minjem uang, saya coba aja tanya ke temen angkatannya doi, beneran ada hutang yang nunggak belum dibayar.. bahaya!

4. ga akan mati kelaparan

Tenanga, se melaratnya kawan anda, ga akan mati kelaparan kok. Udah ga ada kan berita orang mati kelaparan? wong kucing yang ga punya pekerjaan aja bisa makan kan? gemuk pula! haha

5. Kemungkinan besar gali lubang tutup lubang

Ini kesimpulan dari 3 poin di atas, kemungkinan besar kawan lama pinjem uang ke anda itu untuk gali lobang tutup lobang. Kalau anda meminjamkan uang ke doi, anda hanya memperparah keadaan temen anda. Jadi sebenernya dengan anda tidak meminjamkan uang, artinya anda sudah menolong teman anda. kurang lebih begitu.

Ya sekian aja share ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Teman Lama Pinjam Uang?"

Posting Komentar