My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Borderless Meeting

Awal awal pandemik di tahun 2020, orang orang pada berbondong bondong pakai Zoom untuk video conference.. Saat awal itu saya masih skeptis, saya nganggep, apaan sih meeting online, pasti delay, pasti emosi tidak tersampaikan, pasti galat nya tinggi...

Beberapa bulan saya skeptis, baru sebulanan ini saya RUTIN video conference! haha. enak banget ternyata.. Mau pakai Google Meet, pakai Zoom, pakai apapun..

Ternyata saya terlalu skeptis, dan manfaatnya gede banget video conference gini. Saya bisa rapat project baru, tanpa harus pergi pergi! pergi pergi apalagi kalau macet kan kerugian buat salah satu asset paling berharga buat saya, yaitu waktu!

Padahal ini sudah saya rasakan sejak lama. Waktu jaman kuliah MBA dulu, duh waktu rasanya habis di jalan! sampai sampai saya lebih baik naik GoCar aja deh daripada nyetir sendiri, lebih baik naik Gojek aja deh. Di jalan saya bisa sambil baca buku, buka laptop, anything.. tp ya begitu, costly.

Dengan trend meeting online ini, semua jadi borderless. Saya bisa ngatur ketemu orang yang tidak terlalu worth untuk didatengi via online. Tanpa ongkos, tanpa persiapan perjalanan.

Beberapa orang tentu worth banget untuk didatengi, meski macet macetan. Contohnya orang tua, sodara, vendor penting, kolega penting, pejabat tinggi. Selebihnya, mending meeting online aja deh!

Kendala yang awalnya saya takutkan memang terbukti benar. Komunikasi delay (tergantung jaringan), emosi kurang tersampaikan, dan galat informasi. Tapi kita semua sadar akan hal ini, sehingga komunikasi via meeting hanyalah komunikasi awal. Komunikasi harus dilanjutkan via WA / Email, jadi lebih lengkap dan galat jadi minimal.

Hal di atas mungkin akan cukup terobati kalau kecepatan internet bisa 2x lipat dari sekarang, 5G? kalau fiber apa bisa naik ga ya kecepatannya? apa sudah mentok?

Oya buat saya, online meeting gini hanya efektif kalau ada yang harus dipresentasikan dan peserta meeting lebih dari 2 orang. Kalau hanya 2 orang, saya merasa lebih efektif via WA karena bisa dibaca berulang ulang..

nikmat internet mana yang kamu dustakan? hehe

0 Response to "Borderless Meeting"

Posting Komentar