My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Perbandingan Jasa Warehouse Fulfillment Online Shop

Setelah diskusi dan pertimbangan panjang, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan jasa warehouse / fulfillment untuk Bajuyuli. Kenapa?

Alasan pertama adalah karena waktu 1111 kemarin kami keteteran packing, meski orderan kami ga sampai ribuan sih pas 1111. tp tetep aja keteteran, supaya ga keteteran saya harus nambah manpower, dimana sekarang nyari manpower ga segampang yang diduga loh. Katanya pandemik banyak pengangguran, tapi nyari orang buat saya cukup susah. Susah nyari yang cocok. hehe.. Jadi daripada pusing dengan itu, mending lempar aja ke jasa gudang... Harapannya nanti kalau orderan sudah berlipat lipat dari sekarang, ga perlu pusing deh nyari orang.. Tapi konsekuensinya kami harus bayar jasa fulfillment...

Alasan kedua... Perusahaan berkembang yang modern itu lebih banyak variable cost daripada fix-cost.. Di kondisi pasar yang super duper fluktuatif yang kami rasakan, variable cost adalah pilihan tepat. Tapi jika perusahaan anda berada di industri yang stabil, market stabil dan terukur, lebih baik fix-cost, lebih menguntungkan.

**variable cost --> cost bertambah seiring produksi / waktu / operasional, contoh: biaya bahan baku
**fix cost --> cost relatif tetap dalam skala tertentu meski produksi bertambah. contoh: kontrakan, gaji karyawan

ok... singkat cerita, saya pergilah mencari cari jasa warehouse/fulfillment yang ada di Bandung. Saya sudah meeting beberapa kali, dan sudah visit beberapa kali juga...

berikut review saya

Haistar

Ini adalah rekomendasi pertama dari teman saya, karena teman saya kenal dengan founder dan CEO nya.. Gudangnya gede banget ada di Gedebage Bandung, dan ternyata lokasinya sama dengan lokasi ShafCo.. Ga aneh kalau misalkan ShafCo adalah salah satu klien terbesar mereka..

Kelebihan Haistar:
  • sudah integrated dengan Marketplace
  • lokasi gudang terpusat dan besar sekali --> ga akan kekurangan manpower
  • 1 grup dengan SiCepat
  • ada kerjasama dengan PT POS, sehingga bisa buka gudang di seluruh Indonesia jika ada aset PT POS
Kekurangan Haistar:
  • Mahal! dibandingkan 2 jasa fulfillment yang available di Bandung, Haistar nawar ke saya dengan harga paling tinggi. Dan kalau diitung 2-3x lipat dibanding yang lain.

Shipper.id

Ini dulu namanya Pakde ternyata.. Pakde udah lama saya tau.. Skg namanya jadi Shipper... Tapi nama PT dan legalnya masih pakai Pakde..

Yang paling saya terimpressi dengan Shipper ini adalah investornya, ada nama Y Combinator disitu, setau saya Y Combinator ini Venture Capital yang dibelakang FB.. Artinya kan ga main main Y Combinator mau invest di suatu bisnis...

Kelebihan Shipper:
  • Pemodal kuat
  • Relatif lebihs senior dibanding yang lain
  • Dekat dengan gudang existing saya (Kopo Bandung)
Kekurangan Shipper:
  • koordinasi di antara mereka kurang bagus, buktinya beberapa kali saya miskom
  • belum terintegrasi dengan Marketplace (sebenernya buat saya ini kelebihan, karena kami jadi bisa fully control)

Crewdible

Dari 2 yang lain, Crewdible ini yang paling unik. Karena mereka ini mengundang mitra untuk jadi gudangnya. Jadi mencari space-space idle untuk dijadiin gudang. Di Bandung aja gudang mereka ada 5 apa ya kalau ga salah. Keren juga.

Tapi gara2 ini mungkin yang membuat pricing mereka kurang cost efektif. Karena harus membagi profit ke diri mereka sendiri dan ke mitra gudang

Kelebihan Crewdible:
  • Orang-orangnya muda-muda, sangat bisa berkompromi
  • lokasi gudang banyak

Kekurangan Crewdible:
  • terlihat mereka kurang pro soal per-inventory-an --> butuh jam terbang
  • paling baru

--

Setelah cape kesana kemari, zoom meeting berkali kali.. Saya jatuhkan pilihan jasa gudang / Fulfillment ke... Shipper.id

Alasannya simple: gudang mereka yang paling dekat, dan harganya yang paling murah.

Alasan emosionilnya, ada orang Shipper yang ketika saya ngobrol dengan beliau, dia ngerti banget tentang "pain problem" inventory.. Jadi bukan hanya ngelola gudang, tapi dia tau apa sih masalah kami, apa sih yang tepat, dan bagaiman agar bisa sama sama mengutungkan...

Buat anda yang masih bingung, saran saya cobain aja kontak satu per satu. Mereka semua open dan fast response kok...

0 Response to "Perbandingan Jasa Warehouse Fulfillment Online Shop"

Posting Komentar