My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Analisis Bisnis MICE

Awalnya saya kira MICE di sini adalah mouse (jamak), atau biasanya sih tentang peralatan komputer seperti mouse, keyboard, headset, speaker, dlsb. Ternyata MICE itu adalah singkatan dari Meeting, Incentive, Convention, Exhibition.

PNS Rapat di Hotel
PNS Rapat di Hotel


Jadi intinya bisnis MICE itu adalah bisnis yang menyelanggarakan event untuk pertemuan, seminar, pelatihan, rapat kerja, rapat besar, dan masih banyak lagi.

Pemain utama bisnis MICE itu ada hotel, pemilik gedung, pemilik ruang serba guna, bahkan TNI. Pernah datang ke pernikahan di gedung TNI kan? hehe

Sedangkan bisnis bisnis di supply chain nya (penunjang / komplementer) itu ada bisnis catering, sound system, photography, entertainment, sewa partisi, genset, dan masih banyak lagi. Belum keitung pedagang pedagang dadakan yang bertebaran di luar area event.

Nah saya akan coba bahas pelaku sektor bisnis MICE di pelaku utamanya, yaitu yang mpunya tempat.

Target Pasar dan Peluang Bisnis MICE

Target pasar bisnis MICE ini sudah jelas, yaitu perkumpulan orang. Maka klien nya kebanyakan pastilah instansi atau organisasi, tapi bisa juga perorangan seperti pernikahan. Tapi tetep meski klien nya adalah perorangan yang dateng pernikahan kan rame rame hehe.

Jadi target pasar bisnis MICE ini sangat jelas dan cukup spesifik.

Yang menarik, menurut saya target pasar bisnis MICE yang paling HOT adalah instansi pemerintah!

Entah berapa kali saya sering melihat instansi pemerintah (ASN atau PNS) itu rapatnya di hotel. dan itu bukan hotel main main, kadang bintang 5, bintang 4.

Saya rasa rapat di hotel mewah itu sudah menjadi standar atau mungkin budaya di kalangan PNS. Bayangin aja, kalau itu udah jadi budaya, dan tentunya dengan anggaran biaya tak terbatas, betapa "manis" nya pasar ini. Makannya jangan heran, banyak hotel yang memiliki ballroom atau ruangan besar, salah satu target mereka ya PNS / instansi pemerintah ini.

Dan kadang rapat / penataran / pelatihan yang dilakukan oleh instansi pemerintah itu ga hanya sehari! banyak juga yang berhari hari. nah bayangin, ruangan nya disewain, dan pesertanya juga nginep di hotel. woooo... untung berlipat lipat. Belum lagi konsumsi peserta seperti makanan dan minuman.. manis banget kan?

Resiko Bisnis MICE

kalau baca poin saya yang di atas rasanya gampang kali ya. tapi dibalik itu ada resiko besar yang menghantui.

Seperti saya bilang, pemain utama bisnis MICE adalah yang mpunya tempat. Sekarang tempat itu datengnya darimana? dibangunnya uang dari mana? apakah memungkinkan sewa gedung untuk jadi hotel? kalau lagi tidak ada yang menyewa tempatnya dijadikan apa? dan masih banyak lagi

Ya! resiko terbesar dari pemain utama bisnis MICE adalah CAPEX yang besar. CAPEX adalah capital expenditure, alias modal di awal yang super duper besar. Ya bayangin aja, bikin gedung itu ga mungkin sejuta dua juta. Bikin rumah aja minimal puluhan juta, apalagi gedung gede, ya minimal ratusan juta. Itu belum tanah nya.

Oya belum lagi perizinan.. duhhhh ribetttnyaaaaaaa... ini sih kalau mulai dari 0 ya.

Beda halnya kalau ga mulai dari 0, contohnya ada hotel El Royale yang di Bandung, dulu namanya hotel Panghegar, lalu (sepertinya) dibeli oleh orang lain, sehingga ganti nama. Jadi si pemilik baru kan ga perlu ribet ngurus perizinan dari awal lagi. Tapi mungkin biaya pembeliannya jadi bengkak sekali.

Jadi menurut saya resiko bisnis MICE ini yang sangat besar sehingga hanya bisa di-"geluti" oleh orang orang kaya pemodal besar, untuk perorangan yang baru mulai bisnis, saran saya jangan terjun di bisnis MICE yang utama ini.

Bagaimana bisnis pendukungnya?

Bisnis pendukung seperti catering makanan, entertain, partisi kubikel, sound system, dan lain sebagainya. Ini sih resiko nya ga sebesar si pemain utama ya.

Resikonya lebih ke bagaimana dia bisa masuk ke yang mpunya tempat untuk jadi vendor. Karena ga sedikit hotel yang udah punya segala fasilitasnya lengkap, punya koki sendiri, punya soundsystem sendiri, punya artis musik sendiri dan lain sebagainya.

Jadi peluang untuk main di bisnis MICE dalam sektor penunjangnya menurut saya, harus punya "orang dalem" dulu. Kalau blm punya, artinya pasarnya belum jelas, jangan coba coba untuk mulai ngemodal beli alat alat untuk bisnis MICE deh.


==

ya itu saja pemikiran saya tentang bisnis MICE, semoga bermanfaat.

0 Response to "Analisis Bisnis MICE"

Posting Komentar