My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Foto Produk yang Baik

Pada dasarnya kalau anda berjualan online, photo produk yang baik itu tergantung channel anda berjualan. Dan setiap channel pasti ada peraturan-perturan baik tertulis maupun tak tertulis mengenai foto produk yang baik.

Sebagai contoh kalau anda mau jualan di Shopee, cari tips foto produk yang baik menurut Shopee official, bisa cek di sini: https://seller.shopee.co.id/edu/ , itu untuk yang tertulisnya, kalau untuk yang tidak tertulis, caranya tinggal cek aja produk-produk terlaris dari barang sejenis yang akan anda jual, perhatiskan semuanya, cari titik tengahnya, lalu ikuti deh. Sebenernya se simple ini loh.

Berlaku juga di Tokopedia, Instagram, Facebook, WA dan lain sebagainya.

Di sini saya akan share pengalaman saya tentang foto produk yang baik

Background Putih

Contoh foto produk yang baik
Contoh foto produk yang baik

Ini best of the best practice di seluruh dunia. Dari dulu saat mulai jualan online, selalu saja ada tips ini. Inget banget dulu waktu pertama kali main marketplace, saya jualan sepatu kulit di Zalora. Dan dari Zalora mengaskan betul, background harus putih.

Dari situ saya pikir, ga mungkin Zalora mengeluarkan keputusan tersebut tanpa riset kan? pasti sudah dikaji betul kenapa background harus putih. Zalora ingin saya laku jualan, saya juga ingin jualan saya laku. Jadi ga ada alasan untuk Zalora untuk menyesatkan saya. Namun belakangan Zalora mengeluarkan kebijakan yang agak longgar, dari yang tadinya harus putih, jadinya background harus solid color.

Jadi background foto produk seperti ada rumputnya, ada hiasan hiasan nya, ada objek lain selain produk kita, itu kurang baik.

Background putih ini best practice untuk jualan di Marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dst loh ya.

Tapi kalau jualan di Instagram, jujur saya juga masih bingung. Ada toko online yang sudah besar, tapi background fotonya macem macem, ga putih dan ga solid color. tapi laku laku juga. bahkan lebih laku dari produk saya.


Jika reseller, gunakan foto sendiri

Menurut saya, ini adalah kunci mau sukses menjadi dropshipper atau reseller di jualan online. Banyak yang mencoba jualan online, tapi mencomot foto produk dari supplier plek-plek-an. Atau berusaha membuat beda dengan hanya menambahkan elemen-elemen di foto tersebut. itu jangan dilakukan ya.

Kenapa? karena itu akan tergolong spam oleh si marketplace tempat anda berjualan, dimana mereka sedang memerangi betul spamming. baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/07/peluang-bisnis-dropship.html

Oya jangan ngeyel. Karena sekarang teknologi udah bisa ngedetek gambar yang duplikat loh. Meskipun ada editan sedikit sedikit. Jadi mungkin match 80% sudah tergolong duplicate content.

Baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/05/google-index-text-dalam-gambar.html


Foto harus jelas dan bagus

Maksud jelas di sini bukan berarti harus banyak tulisan, tapi harus dengan resolusi yang baik.

Maksud bagus di sini bukan berarti banyak "dihias-hias", tapi harus memperlihatkan produk yang kita jual dengan tampilan yang sesuai. Jika warna nya putih ya terlihat putih, jika warnanya pink ya pink sesuai barang aslinya, dan seterusnya.

Makannya penting sekali untuk siapapun yang mau memulai bisnis online harus belajar fotografi dasar. Dan ini ga perlu dengan beli device yang mahal mahal loh. Jaman sekarang kamera HP juga udah menyaingin kamera DSLR kok. Lalu untuk foto studio, bisa beli studio mini yang harganya ga mahal kok, tapi ya ini terbatas kalau jualan barang barang yang kecil.

Jika pun menyewa studio, saat ini sudah banyak banget jasa penyewaan studio, bahkan per jam! jadi lebih ekonomis. Kalaupun ga PD denagan foto sendiri, ya bisa sewa fotografer, harga agak lumayan. Sepengalaman saya stidaknya harus ada budget 500rb untuk membuat foto produk melalui studio yang professional.


Sesuaikan tempat upload

Di awal saya sudah singgung, bahwa beda channel, beda tips untuk foto yang baik. Jadinya kita harus menyiapkan banyak foto untuk 1 produk yang kita punya. Ini memang agak ribet, maka penting sekali merapikan file file foto yang anda punya.


==

ya sekian tips singkat ini, kalau perlu tips yang lebih mendetil soal ini, bisa request via japri ya.. Insya Allah saya buatkan postingan blognya. semoga sukses jualan onlinenya

0 Response to "Tips Foto Produk yang Baik"

Posting Komentar