My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Jago Bahasa Inggris

Artikel ini ga akan bahas tips supaya jago bahasa Inggris, saya juga masih belajar banget. Tapi sejauh ini saya lumayan PD lah. hehe. Upaya yang saya lakukan untuk bisa jago bahasa Inggris adalah dengan cara mulai baca buku bahasa Inggris dan bikin video bahasa inggris di Channel Youtube Tutorial Milenial.

Kemarin saya nyasar di internet nontonin video bola (emang saya hobi banget dengan bola), awalnya sih seperti biasa cuma lihat highlight highlight, tapi eh ada yang menarik, yaitu interview pemain pemain bintang.

Ga nyangka saya, ternyata pemain pemain bola terkenal itu rata rata jago bahasa Inggris, padahal bukan orang Inggris! bahkan ada yang bisa 5 bahasa, duh ga nyangka.

Saya cek Ronaldo aja yang orang Portugal bisa bahasa Inggris dan Spanyol (mungkin kalau spanish ga terlalu jauh kali ya dengan Portugis)

Lalu Ibrahimovic, bahasa Inggrisnya fasih sekali, bisa bahasa Itali Prancis, ga tau deh kalau Spanyol.

Lalu saya lihat lagi De Bruyne, orang Belgia, jelas bisa bahasa Jerman, tapi bahasa Inggrisnya jago..

Pogba! ini bisa Bahasa Inggris, Prancis (bahasa ibu nya), Itali!

Ozil, bahasa Jerman (ya iya lah ya), Inggris, dan Turki..

Dan idola saya saat ini Mohammed Salah! Bahasa Inggris fasih, bahkan berani tampil di TV mainstream di Inggris, bisa bahasa Itali juga!

wah keren banget. silahkan anda search aja di Youtube. Ga nyangka, saya kira pemain bola hanya fokus untuk mian bola aja, ternyata mereka mengasah skill bahasa mereka juga, apa les kali ya?

Oya saya ga nemu Messi wawancara dengan bahasa selain Spanyol, wajar aja kalau Messi jago bahasa Spanyol, karena Argentina (latin) kan jajahan Spanyol. Ini jg kayanya yang jadi faktor kalau Messki ga akan mungkin pindah dari Barca.

Dulu saya pernah dengan Teves karirnya mandek karena ga bisa bahasa Inggris. Padahal skill OK, tapi komunikasi jelek ya percuma juga..

Sekarang kalau kita berkaca ke negeri kita sendiri, jelek banget bahasa Inggrisnya! typo dikit diketawain, nyoba speaking sedikit juga diketawain.. duh kenapa ya budaya seperti ini bisa terjadi? 

Waktu saya kerja di Malaysia, mereka itu ada 3 ras utama Melayu, India, dan Chineese. Semuanya bisa bahasa Inggris. Walaupun belepotan, tapi mereka PD sekali berbicara bahasa Inggris. Ok lah karena mereka jajahan Inggris, saya terima. Memang tipikal persemakmuran Inggris itu ya bisa bahasa Inggris, lihat India dan Afrika Selatan.

Saya lihat orang tua sekarang banyak yang mengajarkan bahasa Inggris kepada anaknya, ngomong udah pakai bahasa Inggris setiap hari. Sebenernya saya kurang setuju sih, karena bahasa Ibu juga pening, bahasa Indonesia juga penting sekali. Karena sejago jagonya anda berbahasa Inggris masa mau beli gorengan pakai bahasa Inggris? mamang gorengannya kagak bakal ngarti. Jadi menurut saya pengajaran bahasa Inggris nanti saja ketika dewasa, ya minimal SD lah.. Kalau dari balita udah bahasa Inggris saya kurang sreg aja lihatnya.

Menurut saya, poros masalah dari ketidak-bisaan-nya orang Indonesia secara umum dalam berbahasa Inggris adalah karena ga PD! kenapa ga PD? karena bullying dimana mana soal ini, di luar juga ada bullying, tapi bukan soal bahasa rasanya. Buktinya di Bali orang biasa aja tuh mencoba bahasa Inggris (saya belum pernah ke sana sih), karena mereka melihat bahasa Inggris itu kebutuhan! ga ada untungnya membully orang yang ga bisa bahasa Inggris..

Kalau saya boleh pilih tanpa harus belajar dulu, saya ingin fasih bahasa Inggris dan Arab.

Ya sekian, semoga bermanfaat.

0 Response to "Jago Bahasa Inggris"

Posting Komentar