My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pentingnya Merapikan Email

Zaman now semua punya email, tapi saya masih sering memergoki banyak juga orang yang ga ngurus emailnya. Ngurus dalam artian merapikan, membaca yang penting, membuang yang ga penting, mark as spam yang ga penting.

Wakut saya kuliah di MBA ITB, kan teman teman sering presentasi depan kelas. Sering kali saya lihat screen menampilkan email mereka, dan mayoritas emailnya ga rapi! bahkan ada yang sampai puluhan ribu UNREAD! bukti bahwa orang tersebut ga me-manage emailnya dengan baik.

Email itu bisa rapi dengan menggunakan fitur FILTER, anda bisa tonton video ini:



Kenapa sih pentingnya ngerapihin email?

1. Orang ga perlu konfirmasi kalau sudah kirim email

10 tahun lalu kalau orang nge-SMS dengan bilang "saya udah kirim ke email kamu" saya rasa masih relevan. Tapi jaman sekarang saya udah ga pernah lagi tuh konfirmasi ke orang kalau sy udah ngirimi dia email, dan bahkan saya kesal sekali kalau orang tersebut malah "marah" balik dengan bilang "kok ga konfirm udah ngirim email?"

hadohh.. jaman udah mau 5G gini masa email harus konfirm? bukankah email keterimanya realtime?


2. Info penting tidak terlewat

Ini yang parah sih, karena email masih sarana efektif untuk membagikan informasi penting suatu organisasi/komunitas. Sebagai contoh mailing list (seperti grup WA tapi email) yang saya ikuti itu penting penting, contohnya mailing list MBA ITB, di sini banyak sekali info penting yang bisa saya tindak lanjuti untuk bisnis saya.

Trus belum lagi email notifikasi penting dari akun kita seperti Google, Youtube, Facebook, dlsb. Sebagai contoh lain, Youtube itu bakal ngirimi kita email jika kita ada melanggar policy mereka, kalau email ini terlewat dan kita tidak segera menindaklanjuti, akun Youtube kita bisa kena banned alias blokir.

==

nih contoh email saya yang sudah saya rapikan:

merapikan email dengan fitur filter
merapikan email dengan fitur filter

Semua email saya sudah terkelompokkan secara otomatis dengan fitur filter, dan ini membuat produktivitas saya bertambah cukup lumayan.

selamat mencoba.

0 Response to "Pentingnya Merapikan Email"

Posting Komentar