My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Video Portrait atau Landscape?

Kita sudah terbiasa dengan video yang landscape sejak dulu, TV itu kebanyakan landscape, bisokop juga landscape, bahkan saking sangat landscape, bioskop biasa kita panggil dengan "layar lebar".

Landscape vs portrait format video
Landscape vs portrait format video


Semua ini ter-distrupsi atau mulai tergoyang oleh munculnya Instagram Story, orang orang mulai terbiasa dengan melihat video format portrait. akankah orang orang semakin sering liat portrait atau tetep suka dengan video landscape?

Saya berasumsi, portrait video adalah video masa depan, orang orang lebih nyaman lihat portrait daripada landscape. Makannya video video di Youtube Channel saya sekarang saya seragamkan jadi portrait jika memungkinkan. Kuatkah asumsi saya? ini beberapa asasannya:

80%+ traffic Youtube dan blog saya itu dari mobile phone
Ya ini fakta, seluruh netizen sekarang lebih suka berselancar di HP atau mobile phone. Mau nonton Youtube, baca berita, ngeblog, belanja semua enaknya di HP. Laptop atau PC sekarang hanya digunakan untuk pekerjaan pekerjaan serius saja, sisanya digunakan HP untuk kebutuhan sehari hari.

Defaultnya HP itu portrait, dan PC laptop itu landscape. 80%+ audience saya yang pake HP, maka angka ini cukup untuk membuat keputusna fokus ke 80% tersebut. Dan lagian 20% sisanya (yang pakai PC / laptop) bukan berarti ga punya HP juga kan?

HP nyaman digenggam dalam portrait mode
Selama belum komersilnya HP hologram, maka tangan manusia lebih nyaman memegang benda panjang ke atas, alias portrait. Kalau mau landscape harus pakai 2 tangan, dan itu agak sedikit meropotkan, apalagi kalau lagi buka HP di mobil. ya ga?

Saya pribadi sering sekali mencari video di Youtube, khususnya soal tutorial tutorial, buka dengan HP 1 tangan, dan supaya jelas kan harus full screen. Jika video formatnya landscape, saya dipaksa untuk pakai 2 tangan saya, dan ini tidak nyaman kalau saya sedang terburu buru.

Ya begitulah, jadi itu 2 alasan saya kenapa mengutamakan video format portrait ketimbang landscape. kalau anda bagaimana?

0 Response to "Video Portrait atau Landscape?"

Posting Komentar